Sabtu, 23 Januari 2010

UQUUDU LUJAIN FII BAYAANI HUQUUQUZZAUJAINI

Posted by Unknown on 08.46 0 komentar


BAB I

Assalamu'alaikum wr wb.
Shahabat-shahabat yang dirahmati oleh Alloh swt,Alhamdulillah segala puji tersanjung kehadirat Alloh swt Sholawat dan salam selalu terlimpahkan kepada sayyidina Muhammad Saw besrta keluarganya dan para shahabat ,sejumlah bilangan semua perkara yang diketahui Alloh.

"Amma ba'du". izinlah kami menulis buletin ini dengan suatu pegangan kitab,yang insya Alloh kami ambil dari kitab "UQUUDU LUJAIN FII BAYAANI HUQUUQUZZAUJAINI"

Kami sangat berharp memperoleh pertolongan Alloh ,keikhlasan ,diterima dan bermanfa'at dalam segala hal yang berkaitan dengan risalah yang kami tulis ini, semata karena kemuliaan sayyidina Muhammad Saw para istrinya anak cucunya dan golongan beliau .Risalah ini kami hadiahkan kepada kedua orang tua kami ,dengan harapan memperoleh pengampuan dari Alloh ,dan mudah-mudahan derajatnya ditinggikan . Sesungguhnya Alloh Swt adalah dzat yang maha luas pengampunan Nya dan dzat Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.HAK-HAK ISTRI TERHADAP SUAMI

Alloh SWT berfiman sebagaimana tersebut dalam Surat An-Nisaa ; Ayat 19: "WA 'AASYIRUUHUNNA BILMA'RUUFI"

Artinya : " Dan pergaulilah mereka (istri-istrimu)dengan baik "

Yang dimaksud adalah pergaulan secara adil.Baik dalam pembagian giliran (kalau kebetulan polygami),pemberian belanja dan berperangai baik dalam ucapan dan tindakan.

Dalam Surat Al-Baqoroh ayat 228 diterangkan:
Artinya : " Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengankewajiban nya menurut cara yang ma'ruf.Akan tetapi para suami mempunyai suatu tingkatan kelebihan daripada istrinya."

Diriwayatkan dari nabi Saw bahwa, saat beliau menunaikan haji wada' belau bersabda :Setelah belau mamuji Alloh Swt dan menyanjung-Nya serta memberi petuah pada kaum muslimin yang hadir ,Beliau melanjutkan sabdanya: "Ingatlah, berikanlah wasiat kepada para wanita secara baik,karena mereka hanyalah sebagai tawanan dihadapanmu.Sesungguhnya kalian tidak memiliki apapun dari mereka kecuali kebaikan .kecuali jika mereka itu(wanita) datang dengan mambawa perbuatan buruk yang jelas. Kalau wanita melakukan perbuatan tercela, maka berpisahlah sebatas tempat tidur dan pukullah dengan pukulan yang tidak membahayakan. Kalau istimu mentaati maka kamu jangan mencari alasan lain untuk mengusiknya. Ingatlah sesungguhnya kamu mempunyai hak atas istri dirimu. Diantara hak kalian atas istri-istrimu adalah melarang istrimu menggelar tikarmu terhadap orang yang tidak kamu sukai dan tidakmengijinkan istri-istrimu memasukkan orang yang tidak kam sukai .Ingatlah ,bahwa diantara hak-hak istrimu adalah memberi pakaian yang baik kepadanya dan demikian pula dalam hal makanannya."

BAB II

Assalamu'alaikum wr.wb
Insya Alloh ini tulisan lanjutan dari kitab "UQUDULUJAIN"

Rosululloh Saw bersabda:
Artinya: " Hak istri atas suami adalah mamberi makan kepadanya jika ia(suami) makan, memberi pakaian kepadanya apabila ia(suami) berpakain,dan jangan menampar wajah,jangan menjelek-jelekan dan jangan membiarkan (memisahkannya) kecuali dalam hal tempat tidur. (riwayat Thamrani dari Muawiyah bin Haidah).

Rosulloh Saw bersabda:
"AYYUMAA ROJULIN TAZAWWAJA IMROATAN 'ALAA MAAQOLLA MINALMAHRI AU KATSURO LAISYA FII NAFSIHI ANYUADDIYA HAQQOHAA KHODDA'AHAA FAMAATA WALAM YUADDI ILAIHAA HAQQOHAA LAQIYALLOHA YAUMAL QIYAMATA WAHUWA ZAARIN"

Artinya: "Siapapun orang laki-laki yang menikahi seorang wanita dengan maskawin yang hanya sedikit atau banyak,tetapi drinya berniat untuk tidak memenuhi hak-hak istri (ya'ni bermaksud menipunya) lalu lelaki itu mati hingga belum pernah memenuhi hak-hak istrinya ,maka dihari kiamat kelak ia akan menghadap Alloh Swt dengan menyandang predikat sebagai penzina."

Rosulloh Saw bersabda:
"INNA MIN AKMALIL MU'MINIINA IIMAANAN AHSANUHUM KHULUQON WAALTHOFUHUM BIAHLIHII ."

ARTINYA:"Sesunguhnya diantara kesempurnaan keimanan orang mukmin adalah mereka yang lebih bersikap kasih sayang (berlaku lemah lembut) terhadap istrinya." (riwayat Turmudzi dan Hakim dari Aisyah).

BAB III

Rasulullah SAW bersabda:
"KHOIRUKUM KHOIRUKUM LIAHLIHII WA ANA KHOIRUKUM LI AHLII."

Artinya : " Sebaik-baik orang diantara kamu adalah mereka yang paling bagus terhadap istri-istrinya. Dan aku adalah orang yang terbaik diantaramu terhadap keluarga (istri-istri)ku." (Riwayat Ibnu Hibban).

Dalam riwayat lainnya dikatakan :
Artinya : " Sebaik-baik orang diantara kamu adalah mereka yang paling bagus terhadap istri-istrinya, dan aku adalah orang yang lebih bagus diantaramu terhadap istri-istriku."

Rasulullah SAW bersabda :
"MAN SHOBARO'ALA SUUI KHULUQI IMROATIHII A'THOOHU ALLAHU MINAL AJRI MITSLAMAA U'THIYA AYYUUBU 'ALAIHISSALAAMU'ALA BALAA IHI WA MAN SHOBAROT 'ALASUI KHULUQI ZAUJIHAA A'THOOHALLAHU MINAL AJRI MITSLATSAWAA BI AASIYATA IMROATA FIR'AUNA."

Artinya : " Barang siapa bersabar atas keburukan kelakuan istrinya maka Allah SWT akan memberi pahala kepadanya seperti pahala yang pernah diberikan Allah SWT kepada Nabi Ayyub AS atas cobaan yang diterimanya. Dan barang siapa bersabar atas keburukan kelakuan suaminya maka Allah SWT memberi pahala kepadanya seperti pahala yang pernah diberikan kepada Asiyah istri Fir'aun."

Perlu diketahui bahwa cobaan yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ayyub AS adalah terdiri dari empat macam cobaan. Meliputi cobaan atas kebangkrutan (pailit) kekayaannya, kematian semua anak-anaknya, kerusakan pada tubuhnya dan diasingkan oleh masyarakat kecuali hanya istrinya saja yang setia menemani.

Kehancuran harta kekayaan Nabi Ayyub AS terdiri dari unta, sapi, kambing, gajah, khimar (keledai). Kekayaan lain milik Beliau adalah 500 hektar tanah persawahan, semuanya digarap oleh 500 orang, pada setiap orang mempunyai anak istri. Pengikut Beliau terdiri dari 3 golongan semua telah beriman dan masih berusia muda.

Iblis yang diberikan kekuasaan oleh Allah SWT dapat turun naik dari bumi ke langit sewaktu dikehendaki, mempunyai maksud naik ke langit. Tiba-tiba Iblis mendengar para malaikat membaca Sholawat atas Nabi Ayyub AS. Saat itu juga timbullah rasa Hasud di dalam hatinya. Ia berkata memohon kepada Allah SWT:

" WAHAI TUHAN, SEKARANG INI AKU MEMANG TELAH MENYAKSIKAN SENDIRI HAMBA-MU AYYUB SANGAT RAJIN BERSYUKUR SERAYA MEMUJI KEPADA-MU. TETAPI KALAU ENGKAU MEMBERI COBAAN KEPADAKU TENTU DIA TIDAK AKAN BERSYUKUR DAN TIDAK PULA MENTAATINYA.

Allah SWT berfirman kepada Iblis:
" BAIK, SILAKAN KAMU MERANGKAP. SEKARANG AKU BERI KEKUASAAN KEPADAMU UNTUK MENCOBA AYYUB AS MELALUI HARTA KEKAYAANNYA."

Iblis berangkat. Ia mengumpulkan semua anak buah terdiri dari syaitan dan jin ia katakan kepada mereka: " SEKARANG AKU TELAH DIBERI WEWENANG UNTUK MENCOBA AYYUB AS MELALUI HARTANYA."

Lebih lanjut iblis berkata lagi :
" IFRIT, SEKARANG KAU KUBERI TUGAS MEMBAKAR TEMPAT PENGGEMBALAAN UNTA-UNTA MILIK AYYUB AS DAN SEKALIGUS MEMBUNUH SEMUA UNTA-UNTA ITU. LAKSANAKAN !"

Iblis datang menjumpai Ayyub AS, saat mana ketika itu Beliau sedang melaksanakan sholat. Iblis berkata kepadanya: " TEMPAT PENGGEMBALAAN UNTA-UNTAMU TERBAKAR, DAN SELURUH UNTA MILIKMU IKUT TERBAKAR PULA."

Apa kata Nabi Ayyub AS: " ALKHAMDULILLAH. ALLAH SWT SENDIRI YANG MEMBERIKAN KEKAYAAN ITU KEPADAKU DAN HANYA DIA SAJA YAMG BERHAK MENGAMBIL KEMBALI."

Iblis tidak berhenti sampai disitu. Ia meningkat lagi pada kekayaan yang lain. Ia hancurkan semua kambing milik Nabi Ayyub As, berikut tempat penggembalaannya. Ia datang ke Nabi Ayyub As seraya memberitahukan peristiwa itu.

"ANGIN PANAS TELAH MENGHANCURKAN KEBUNNYA, TIDAK ADA YAMG TERSISA SEDIKITPUN," kata iblis sehabis merusak semua kebun milik Nabi Ayyub AS. Apa kata Nabi Ayyub As. " ALKHAMDULILLAH ..." kemudian Beliau memuji Allah SWT dan menyanjung-Nya."

BAB IV

Usaha iblis belum berhenti sampai disitu. Ia kembali menghadap Allah SWT seraya memohon agar diberi kekuasaan untuk mencoba Nabi Ayyub AS melalui anak-anaknya.

Allah berkata:"Silakan, pergilah.Aku memberi kekuasaan penuh kepadamu untuk mencoba Ayyub melalui anak-anaknya."

Iblis berangkat. Yang dituju adalah gedung tempat anak-anak Nabi Ayyub As berlindung di bawahnya. Gedung itu diguncang lalu hancur menindih habis anak-anak Nabi Ayyub As, semuanya mati. Iblis lalu memberi Nabi Ayyub As tentang bencana yang menimpa anak-anaknya.

Apa reaksi Beliau?. Nabi Ayyub As malah beristigfar memohon ampun kepada Allah SWT.

Usaha iblis tetap tidak menghasilkan apapun untuk merubah ketaatan Nabi Ayyub As. Beliau tetap taat kepada Allah SWT dan bersyukur kepada-Nya. Iblis kembali menghadap Allah SWT seraya memohon agar diberi kekuasaan untuk menguji nya.

Allah berkata kepadanya: " SILAKAN. AKU BERI KEKUASAAN KEPADAMU UNTUK MENGUJI MELALUI TUBUH LISAN DAN AKALNYA. TETAPI BUKAN HATINYA."

Iblis segera berangkat untuk menggoda Nabi Ayyub As. Sampai ketempat yang dituju ternyata Beliau sedang bersujud. Iblis datang dari arah kepala Beliau, lalu meniup kedua lubang hidungnya dengan sekali tiup. Seketika itu badan Nabi Ayyub As serasa gatal-gatal. Makin lama terasa semakin gatal. Nabi Ayyub As menggaruk-garuk bagian-bagian tubuh yang gatal dengan ujung-ujung jemarinya. Tetapi belum juga hilang gatal-gatal itu.

Nabi Ayyub As mencoba menggaruk-garuknya dengan kain kasar. Belum juga hilang gatal-gatal itu. Lalu menggunakan kerewang (pecahan genting) dan batu. Beliau tidak henti-hentinya menggaruk badannya hingga melepuh, sehingga bernanah dan berbau busuk. Masyarakat sekitarnya menganggap berbahaya terhadap penyakit yang sedang dialami Nabi Ayyub As. Mereka sepakat mengasingkan Beliau ke luar daerah. Beliau terusir ketempat yang kotor. Mereka membuatkan untuk Beliau sebuah gubuk yang hanya ditemani istrinya yang bernama Rahmah.

Meskipun demikian istri beliau, Rahmah, selalu setia melayaninya. Ia berbuat baik sekali kepadanya. Ia perlakukan suaminya penuh kasih sayang. Kebutuhan-kebutuhan makan dan minumnya selalu diperhatikan. Kaum Nabi Ayyub As yang mendeportasi dirinya terdiri dari tiga golongan. Namun begitu semuanya masih tetap dalam keimanan semula. Mereka tidak meninggalkan agamanya.

Dalam kisah lain diriwayatkan bahwa, ada seseorang bermaksud menghadap Umar Bin Khattab hendak mengadukan perihal perangai buruk istrinya. Sampai ke rumah yang dituju orang itu menanti Umar Ra di depan pintu. Saat itu ia mendengar istri Umar mengomeli dirinya, sementara Umar sendiri hanya berdiam diri saja tanpa bereaksi. Orang itu bermaksud balik kembali sambil melangkahkan kaki seraya bergumam:"KALAU KEADAAN AMIRUL MUKMININ SAJA BEGITU, BAGAIMANA HALNYA DENGAN DIRIKU."

Bersamaan itu Umar keluar, ketika melihat orang itu hendak kembali. Umar memanggilnya, katanya:"ADA KEPERLUAN PENTING?". Ia menjawab :" AMIRUL MUKMININ, KEDATANGANKU INI SEBENARNYA HENDAK MENGADUKAN PERIHAL ISTRIKU LANTARAN SUKA MEMARAHIKU. TETAPI BEGITU AKU MENDENGAR ISTRIMU SENDIRI BERBUAT SERUPA, MAKA AKU BERMAKSUD KEMBALI. DALAM HATI AKU BERKATA:KALAU KEDAAN AMIRUL MUKMININ SAJA DIPERLAKUKAN ISTRINYA SEPERTI ITU, BAGAIMANA HALNYA DENGAN DIRIKU."

Umar berkata kepadanya:"SAUDARA, SESUNGGUHNYA AKU RELA MENANGGUNG PERLAKUAN SEPERTI ITU DARI ISTRIKU KARENA ADANYA BEBERAPA HAK YANG ADA PADANYA. ISTRIKU BERTINDAK SEBAGAI JURU MASAK MAKANANKU. IA SELALU MEMBUATKAN ROTI UNTUKKU. IA SELALU MENCUCIKAN PAKAIAN-PAKAIANKU. IA MENYUSUI ANAK-ANAKKU, PADAHAL SEMUA ITU BUKAN KEWAJIBANNYA. AKU CUKUP TENTRAM TIDAK MELAKUKAN PERKARA HARAM LANTARAN PELAYANAN ISTRIKU. KARENA ITU AKU MENERIMANYA SEKALIPUN DIMARAHI."

Kata orang itu:"AMIRUL MUKMININ, DEMIKIAN PULAKAH TERHADAP ISTRIKU?".

Jawab Umar:"YA, TERIMALAH MARAHNYA. KARENA YANG DILAKUKAN ISTRIMU TIDAK AKAN LAMA, HANYA SEBENTAR SAJA."

Tentang kisah Asiyah lengkapnya begini; ketika Nabi Musa As mengalahkan para tukang sihir Fir'aun, keimanan Asiyah semakin mantap. Keimananya kepada Allah itu sendiri itu sebenarnya sudah lama tertanam didalam hatinya, dan ia tidak menyatakan Fir'aun (suaminya) sebagai Tuhan. Begitu Fir'aun semakin jelas mengetahui keimanan istrinya, maka ia menjatuhkan hukuman kepadanya.

Kedua tangan dan kakinya diikat. Asiyah ditelentangkan diatas tanah yang panas, wajahnya dihadapkan kesinar matahari. Manakala para penyiksanya kembali, malaikat menutup sinar matahari sehingga siksaan itu tidak terasa.

Belum cukup siksaan itu dilakukan Fir'aun, ia kembali memerintahkan algojonya supaya menjatuhkan sebongkah batu besar kedada Asiyah. Manakala Asiyah melihat batu besar itu hendak dijatuhjkan padanya, beliau berdoa kepada Allah SWT:"ROBBI IBNILII 'INDAKA BAITAN FIL JANNAH." Artinya :" Wahai Allah SWT, Tuhanku, bangunkanlah untukku disisi-Mu sebuah gedung di Syurga, (Q.S. At Tahrim, ayat 11).

Segera Allah memperlihatkan sebuah bangunan gedung di syurga yang terbuat dari marmer berwarna mengkilat. Asiyah sangat bergembira, lalu ruhnya keluar menyusul kemudian barulah sebongkah batu besar itu dijatuhkan pada tubuhnya sehingga beliau tidak merasakan sakit, karena jasadnya sudah tidak mempunyai nyawa.

Syeikh habib Abdullah Al Haddad mengatakan, seseorang yang sempurna adalah orang yang mempermudah hak-haknya, tetapi tidak mempermudah (meremehkan) hak-hak Allah. Sebaliknya orang yang kurang sempurna adalah orang yang diketahui berlaku sebaliknya.

BAB V

KISAH

Ada seorang salih, ia mempunyai saudara (kawan) yang salih pula. Setiap tahun ia berkunjung kepadanya. Suatu hari ia mengunjunginya lagi, sampai ke rumah yang dituju pintunya masih tertutup. Ia ketuk pintu rumah itu. Dari dalam terdengar suara wanita: "SIAPA ITU?" Orang yang salih menjawab: "AKU, SAUDARA SUAMIMU. AKU DATANG UNTUK MENGUNJUNGINYA, HANYA KARENA ALLAH SEMATA."

"DIA SEDANG KELUAR MENCARI KAYU BAKAR, BALAS ISTRI SAHABATNYA. MUDAH-MUDAHAN IA TIDAK KEMBALI." Lanjutnya sambil terus bergumam memaki-maki suaminya.

Ketika mereka sedang terlibat perbincangan, tiba-tiba orang yang salih itu datang sambil menuntun seekor harimau yang sedang membawa seikat kayu bakar. Begitu melihat saudaranya datang mengunjunginya, ia menghambur kepadanya seraya bersalam.

Kayu bakar itu lalu diturunkan dari punggung harimau tersebut. Katanya kemudian: "SEKARANG PERGILAH KAMU, MUDAH-MUDAHAN ALLAH MEMBERKAHIMU."

Orang yang salih itu (yakni yang empunya rumah) lalu mempersilakan saudaranya masuk. Sementara isterinya masih bergunam memaki-maki dirinya. Namun sebegitu jauh ia hanya berdiam, tanpa menunjukkan reaksi kebencian. Setelah terlibat perbincangan beberapa saat lamanya, hidangan keluar disuguhkan. Dilanjutkan berbincang-bincang hingga beberapa saat. Setelah itu saudaranya berpamitan dengan menyimpan kekaguman yang sangat berkesan. Ia sangat kagum sebab saudaranya sanggup menekan kesabarannya menghadap isteri yang begitu cerewet dan berlidah panjang.

Tahun berikutnya ia berkunjung lagi. Sampai di depan pintu ia mencoba mengetuknya. Isterinya keluar dan menyapa: "TUAN SIAPA?"

"AKU ADALAH SAUDARA SUAMIMU, BALASNYA. KEDATANGANKU INI SEMATA UNTUK MENGUNJUNGINYA."

"OH, SELAMAT DATANG, TUAN," kata isteri saudaranya seraya mempersilahkan masuk penuh keramahan. Tidak begitu lama saudara salih yang ditunggunya tiba juga sambil memanggul seikat kayu bakar. Mereka segera terlibat perbincangan sambil menikmati hidangan yang disuguhkan. Setelah semuanya dirasa cukup, dan ketika ia hendak kembali, ia sempatkan bertanya tentang beberapa hal. Bagaimana dahulu ia dapat menundukkan seekor harimau dan mau diperintah membawakan kayu bakar. Sedang sekarang ini ia hanya datang sendirian sambil memanggul kayu bakar. "KENAPA BISA BEGITU?" tanya saudaranya.

Saudaranya menjawab:"KETAHUILAH SAUDARAKU, ISTERIKU YANG DAHULU BERLIDAH PANJANG ITU SUDAH MENINGGAL. SEDAPAT MUNGKIN AKU BERUSAHA BERSABAR ATAS PERANGAI BURUKNYA. SEHINGGA ALLAH MEMBERI KEMUDAHAN DIRIKU UNTUK MENUNDUKKAN SEEKOR HARIMAU, SEBAGAIMANA PERNAH KAU LIHAT SENDIRI SAMBIL MEMBAWA KAYU BAKAR ITU. SEMUANYA TERJADI LANTARAN KESABARANKU PADANYA. LALU AKU MENIKAH LAGI DENGAN PEREMPUAN YANG SHALIHAH INI. AKU SANGAT GEMBIRA MENDAPATKANNYA. MAKA HARIMAU ITUPUN DIJADIKAN JAUH DARIKU, KARENA ITU AKU MEMANGGUL SENDIRI KAYU BAKAR ITU, LANTARAN KEGEMBIRAANKU TERHADAP ISTERIKU YANG SHALIIHAH INI."

PERHATIAN

Seorang suami diperbolehkan memukul isterinya jika tidak mengindahkan perintahnya berhias, padahal ia menghendaki. Atau lantaran menolak diajak tidur bersama. Diperbolehkan pula seorang suami memukul isterinya lantaran keluar rumah tanpa memperoleh izinnya. Atau karena isterinya itu memukul anak kecil yang sedang rewel. Atau karena mencaci maki orang lain, atau karena menyobek pakaian suaminya, menjambak jenggotnya, atau berkata kepada suaminya: "HAI KAMBING, HAI KELEDAI HAI ORANG TOLOL, DLL." sekalipun pencaciannya itu didahului oleh sikap suami yang telah mencacinya.

Demikian pula seorang suami diperbolehkan memukul isterinya lantaran isterinya sengaja memamerkan wajahnya kepada lelaki lain. Atau karena asyik berbincang-bincang dengan lelaki lain. Atau sekalipun ia ikut mendengarkan pembicaraan suaminya bersama lelaki lain, dengan maksud dapat mencuri pendengaran dari suara lelaki itu. Atau karena memberikan sesuatu dari rumah suaminya berupa barang yang tidak biasanya diberikan kepada orang lain. Atau karena menolak menjalin kekeluargaan dengan saudara suaminya.

Begitu pula suami dibenarkan memukul isterinya karena meniggalkan shalat, setelah terlebih dulu diperintah tetapi menolak mengerjakannya. Pendapat inilah yang lebih kuat.

WASIAT DAN PENGAJARAN SUAMI

Ketahuilah bahwa, setiap suami hendaknya pandai-pandai memberi pengajaran atau wasiat-wasiat kebajikan kepada isterinya.

Rasulullah Saw mengingatkan:
"ROHIMALLAHU ROJULAN QOOLA YAA AHLAAHU SHOLAA TAKUM SHIYAA MAKUM DZAKAA TAKUM MISKIINAKUM YATIIMAKUM JIIROONAKUM LA'ALLAKUM MA'AHUM FIL JANNATI."

Artinya: "Mudah-mudahan Allah merahmati seorang suami yang mengingatkan isterinya, 'HAI ISTRIKU, JAGALAH SHALATMU, PUASAMU, ZAKATMU. KASIHANILAH ORANG-ORANG MISKIN DI ANTARAMU, PARA TETANGGAMU. MUDAH-MUDAHAN ALLAH MENGUMPULKAN KAMU BERSAMA MEREKA DI SURGA'."

Hendaknya seorang suami selalu memperhatikan nafkahnya sesuai dengan kesanggupannya. Hendaknya suami selalu bersabar jika menerima cercaan isterinya, atau perlakuan-perlakuan tidak baik lainnya. Hendaknya suami mengasihani isterinya, yaitu dengan bentuk memberi pendidikan secara baik, kendati ia seorang terpelajar. Sebab kaum wanita bagaimanapun diciptakan dalam keadaan serba kurang akal dan tipis beragama (kecuali hanya sedikit saja yang mempunyai akal panjang dan beragama kuat).

Tersebut dalam hadits: "LAU LAA ANNALLAHA SATAROL MAR ATA BIL HAYAA ILAKAA NATS LAA TUSAA WII KAFFAN MIN TUROOBIN."

Artinya: "Kalaulah bukan karena Allah membuatkan penutup rasa malu bagi kaum wanita, niscaya harganya tidka dapat menyamai segenggam debu. (al-hadits).

Hendaknya seorang suami selalu menuntun isterinya pada jalan-jalan yang baik. Memberi pendidikan kepadanya berupa pengetahuan agama (Islam), meliputi hukum-hukum bersuci (Thaharah) dari hadats besar. Misalnya tentang haid dan nifas. Seorang isteri harus diberi pengetahuan tentang persoalan yang sangat penting itu. Sebab bagaimanapun masalah itu berhubungan erat dengan waktu-waktu shalat.

Demikian pula memberikan pengajaran terhadap maslah ibadah. Meliputi ibadan fardhu (wajib) dan sunnahnya. Pengetahuan tentang shalat, zakat, puasa dan haji.

Jika seorang suami telah memberi pendidikan tentang persoalan pokok tersebut, maka isteri tidak dibenarkan keluar rumah untuk bertanya kepada ulama. Tetapi kalau pengetahuan yang dimiliki suami tidak memadai, sebagai gantinya maka ia sendiri yang harus siap untuk selalu bertanya kepada ulama orang yang mengerti ilmu agama). Artinya, isteri tetap tidak diperkenankan keluar rumah. Namun, kalau suami tidak mempunyai untuk bertanya, maka isteri dibenarkan keluar rumah untuk bertanya tentang persoalan agama yang dibutuhkan. Hal itu malah menjadi kewajibannya, dan bahkan kalau suaminya melarang keluar berarti telah melakukan kamaksiatan (dosa). Tetapi isteri harus meminta izinnya lebih dulu jika sewaktu-waktu hendak belajar mengenai ilmu-ilmu tersebut. Isteri harus memperoleh keridhaan suaminya.

BAB VI

KEHARUSAN MEMELIHARA DIRI DAN KELUARGA

Tersebut dalam firman Alloh Surat Al Tamrim ayat 6:
"YAA AYYUHAL LADZI AAMANUU QUUU ANFUSAKUM WA AHLIIKUM NAAROON"

Artinya: Hai orang_orang yg beriman,peliharalah dirimu keluargamu dari api neraka.

Dalam menafsirkan ayat tersebut,Ibnu Abas Ra mengatakan,"Berikanlah pengertian kepada mereka dan didiklah mereka " yakni tentang syariah Islam dan akhlak_akhlak yg baik.

Tersebut dalam riwayat dijelaskan:
"INNA ASYADDANNAASI 'ADZAABAYYAU MAL QIYAA MATI MAN JAHHALA AHLAHU"

Artinya : Sesungguhnya di antara manusia yang paling keras menerima siksaan kelak di hari kiamat adalah orang yang memperbodoh keluarganya, (yang sengaja membentuk keluarganya menjadi bodoh). (al-hadits)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Ra dari Nabi Saw, bahwa beliau bersabda yang artinya: "Setiap kamu sekalian adalah penggembala dan kelak akan ditanya tentang penggembalaannya. Imam adalah penggembala dan kelak dimintai tanggung jawab atas penggembalaan (kepemimpinan)nya. Suami adalah pemimpin keluarganya dan kelak dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinan (rumah tangganya). Isteri adalah pengatur di rumah suaminya, kelak akan diminta pertanggungjawaban tentang pengaturannya (di rumah suaminya). Pembantu adalah pelaksana dalam menjalankan pertanggungjawaban tentang pelaksanaannya. Anak lelaki adalah penjaga harta kekayaan orangtuanya dan kelak akan diminta pertanggungjawaban tentang penjagaannya. Jadi kalian semua adalah penggembala dan kelak kalian akan diminta pertanggungjawaban atas penggembalaannya. (riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Rasulullah Saw bersabda yang artinya:"Takutlah kepada Allah, takutlah kepada Allah dalam urusan wanita, karena mereka adalah merupakan amanat bagimu. Barangsiapa tidak menyuruh isterinya menunaikan shalat dan tidak mengajarinya, berarti telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya. (al-hadits).

Di antara akhir kata-kata yang dipesankan oleh Rasulullah Saw yang diulang tiga kali hingga lisannya terasa sulit berkata dan sangat berat, adalah: "Peliharalah shalat, peliharalah shalat (mu) dan apa saja yang ada pada kekuasaanmu. Janganlah kamu membebani mereka dengan perkara yang mereka tidak mampu menanggungnya. Takutlah kepada allah, takutlah kepada Allah dalam urusan isteri-isterimu, sesungguhnya mereka adalah tawanan yang ada dalam kekuasaanmu.
Kamu mengambil mereka dengan amanat Allah, dan kamu mengambil kehalalan farji mereka dengan firman-firman Allah. (al-hadits).

Firman Allah dalam surat Thaaha ayat 132: "WA MUR AHLAKA BISHOLATI" yang artinya: "dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat.

Diriwayatkan dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda, yang artinya: "tidak ada dosa yang lebih besar yang kelak di hari kiamat dibawa seseorang menghadap kepada Allah, daripada orang yang membuat keluarganya menjadi bodoh."

Rasulullah Saw bersabda, yang artinya: "Pertama kalli perkara yang dipertanggungjawabkan kepada seseorang di hari kiamat adalah keluarganya (yakni isteri) dan anak-anaknya. Mereka berkata, wahai Tuhan kami, ambillah hak-hak kami (tanggung jawab) kami dari orang ini, karena sesungguhnya dia tidak mengajarkan kepada kami tentang urusan agama kami. Ia memberi makan kepada kami berupa makanan dari hasil yang haram, dan kami tidak mengetahui. Maka orang itu dihantam (disiksa) lantaran mencari barang yang haram, sehingga terkelupas dagingnya, kemudian dibawa ke neraka. (al-hadits).

BAB VII

HAK-HAK SUAMI ATAS ISTERI

Firman Allah dalam surat An-Nisaa' Ayat 34 :
Artinya :"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin kaum wanita ,oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka telah menafkahkan sebagian dari harta meraka .Sebab itu maka wanita yang sholihah adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada,oleh karena Allah telah memelihara(mereka).Wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya(kemaluannya),maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka ditempat tidur dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya."

Rosululloh Saw bersabda:
Artinya :" Sebaik-baik Wanita (Isteri) adalah seorang wanita yang apabila kamu pandang menyenangkan dirimu,kalau kamu perintah mentaatimu,kalau kamu pergi ia menjaga harta dan dirimu.

Rosululloh Saw bersabda:
"Barang siapa bersabar terhadap perangai isterinya,maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala yang diberikan padaa Nabi Ayyub As.Barang siapa bersabar(yakni Isteri)terhadap perangai suaminya, maka Allah akan memberikan pahala seperti pahala yang diberikan Allah pada orang yang gugur dalam membela agama Allah. Barang siapa(isteri)menganiaya suaminya dan memberi beban pekerjaan yang tidak pantas menjadi bebannya(yakni suami) dan menyakitkan hatinya ,maka para Malaikat juru pemberi Rahmat(Malaikat Rahmat) dan Malaikat juru siksa (malaikat azab)melaknatinya(yakni isteri).Barang siapa (isteri)yang bersabar terhadap perbuatan suaminya yang menyakitkan,maka Allah akan memberinya seperti pahala yang diberikan Allah pada Asiyah dan Maryam Binti Imran. (Al-hadts).

BAB VIII

Rasululloh SAW bersabda:
"AYYUMAA IMROATIN MAA TAT WAZAUJUHAA 'ANHAA ROODHIN DAKHOLATILJANNATA"

Artinya:"Siapa saja kaum wanita (istri) yang mati sedangkan suaminya meridhoinya,maka kelak ia masuk surga."(Diriwayatkan Tirmizdi Ibnu Majah,Hakim dari Ummu Salamah).

Rasululloh Saw bersabda:
"IDZAA SHOLLATILMARATIU KHOMSAHAA WASHOOMAT SYAHROHAA WAFIDHOT FARJAHAA WA ATHOO'AT ZAUJAHAA QIILA LAHAA UDHULULJANNATA MIN AYYIABWAABILJANNATISYI,TI."

Artinya: "Apabila seorang Isteri menunaikan shalat lima waktunya,berpuasa dibulannya,pandai-pandai memelihara kemaluannya dan mentaati suaminya,kelak akan dikatakan kepadanya:"Masuklah ke surga dari pintu mana saja yang kamu kehendaki."(Diriwayatkan oleh Ahma)

Tersebut dalam suatu riwayat ada seorang perempuan datang menghadap Nabi Saw seraya berkata: "Wahai rosululloh ,aku ini utusan dari kaum wanita yang diminta menghadapmu. Yaitu menanyakan masalah jihad yang hanya diwajibkan Alloh kepada kaum laki-laki.Kalau merreka terluka mendapatkan pahala.Kalau mereka terbunuh ,mereka bahkan sebagi orang-orang yang hidup disisi Tuhannya seraya memperoleh rizki.sedangkan kami dari golongan Wanita ini selalu setia mengikuti dan membantu mereka menyediakan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan.Namun demikian kenapa kamitidak memperoleh pahala berjihad seperti yang diberikan pada mereka Rosulloh Saw Bersabda:"SAMPAIKAN KEPADA SIAPA SAJA KAUM WANITA YANG KAMU JUMPAI BAHWA ,MENTATI SUAMI DENGAN MENGAKUI HA-HAKNYA SESENGGUHNYA TELAH MENYAMAI DENGAN PAHALA BERJIHAD.TETAPI SEDIKIT SEKALI DIANTARAMU MELAKSANAKAN." (Diriwayatkan oleh Al Bazzar da Thabrani).


BAB IX

Dalam Firman Allah Swt Surat An-Nisa' ayat ke 32:
"LIRRIJAALI NASHIIBUN MIMMAA IHTASABUU WALINNISAAI NASHIIBUN MIMMAA IKTASABNA"

Artinya:"Bagi orang laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan,dan bagi merka wanita ada bagian dari apa yang meraka usahakan."

Yang dimaksud adalah pahala yang diberikan Allah Swt kepada kaum lelaki karena menunaikan jihad. Sedangkan pahala yang diberikan Allah Swt kepada kaum wanita adalah lantaran mereka mamlihara kemaluannya dan mentaati Allah Swt serta mentaati suaminya.Pahala kaumlelaki dan wanita di akhirat kelak kedudukannya sama .Yang demikian karena ,perburan baik itu dilipakan pahalanya hingga sepuluh kali lipat .Baik hal itu berlaku bagi kaum lelaki maupun wanita.kaum lelaki atas kaum wanita hanyalah sebatas masa di dunia .Demikian menurut penafsirsn Asy Syarbini didalm Tafsirnya.

Iman Ali Ra mengatakan:"Seburuk-buruk sifat kaum lelaki namun sebaik-baik sifat sifat kaum wanita.,penakut .Sebab kaum wanita (Isteri)itu bakhil maka akan dapat memelihara hartanya dsn hartanya dan suami saja,kalau isteri (wanita)itu merasa besar maka perasaa besarnya itu akan mencegah diri nya banyak bicara kepada setiap orang dengan gaya bicara yang lunak ,yang memungkinkan mengundang perhatian.kalau wanita itu penakut daari segala sesuatu maka ia tidak akan keluar rumah dan merasa takut ketempat-tempat yang dapat mengundang dugaan lantaran takut kepada Suaminya. Nabi Dawud As mengatakan :"Isteri yang berakhlak buruk bagi seorang suami ,kalau dimisalkan adalah bagaikan orangtua renta yang memikul beban berat.Sedang isteri yang sholihah bagi seorang suami bagaikan mahkota yang dilapisi emas.Manakala suami memandangnya,maka membuat ketenangan."

KEDUDUKAN KAUM ISTERI

Hendaknya suami memberi pengertian kepada isterinya bahwa,sesungguhnya keberadaan isterinya tidak lebih bagaikan hamba sahaya (budak)dimata tuannya. Atau bagaikan tawanan yang tidak berdaya karena itu isteri tidak berhak mempergunakan harta harta suaminya kecuali memperoleh izinnya.

Bahkan menurut pendapat mayoritas Ulama bahwa,seorang isteri tidak boleh memper gunakan hartanya juga sekalipun harta itu mutlak miliknya sendiri,kecuali telah mendapat restu suami.Sebab kedudukan Isteri itu seperti orang yang menanggung hutang banyak yang harus membatasi penggunaan hartanya.

Selain itu telah kewajiban bagi kaum isteri supaya memiliki sikap pemalu terhadap suaminya sepanjang waktu.Tidak banyak membantah perkataan suami.Merendahkan pandangannya di hadapan suami.Mentaati perintah-perintahnya, dan siap mendengarkan kata-kata yang diucapkan suaminya.Menyongsong kedatangan suami dan mengantarkannya ketika hendak keluar rumah.Menampakkan rasa cinta dan bergembira dihadapannya.Menyerahkan dirinya secara penuh di sisi suaminya ketika di tempat tidur.

Termasuk perkara penting yang perlu mendapat perhatian kaum isteri adalah,hendaknya selalu memperhatikan kebersihan mulutnya,baik dengan cara di gosok dalam berbagai waktu,menggunakan misik atau wewangian lain.Mem bersihkan pakaian,selalu bersolek di hadapan suami sebaliknya tidak berhias jika suami sedang pergi.

Al Ashmu'i menceritakan pengalamannya ketika berjalan-jalan di suatu dusun. Katanya,suatu hari aku melihat seorang wanita di suatu desa.Ia berpakaian merah menyala,semua semua kukunya dikenakan pacar dan tangannya menggenggam tasbih.

Al Ashmu'i bergumam:Alangkah indahnya wanita itu,hampir tidak ada ke keindahan yang melebihinya. Setelah mengetahui sapaanku,ia bersair :
Demi Allah
sesunggunya aku mempunyai seorang kawan
yang akrab
yang tidak dapat kutinggalkan
sewaktu-waktu aku bercengkerama
bersama dirimu

Al Ashmu'i melanjutkan,sekarang aku tahu bahwa,wanita itu ternyata seorang isteri yang solehah.Ia mempunyai suami dimana ia selalu berhias untuk menyenangkan dirinya.

Selanjutnya,seorang isteri hendaknya menjauhkan diri dari sikap berkhianat ter hadap suami.Baik berkhianat ketika ditinggal suami,saat di tempat tidur atau berkhianat pada hartanya.

"LAA YAHILLU LAHAA AN TUTH'IMA MIN BAITIHI ILLAA BIIDZNIHI ILLAA ARROTHBA MINATHTHO'AAMI ALLADZII YAKHOOPU FASAADUHU FAIN ATH'AMAT 'AN RIDHOOHU KAANA LAHAA MITSLA AJRIHI WAIN ATH'AMAT BIGHOIRI IDZNIHI KAANA LAHULAJRU WA'ALAIHALWIZRU." (AL-HADITS)

Artinya:"Tidak dihalalkan bagi seorang isteri memberikan makanan dari rumah suaminya kecuali mendapat izinnya.Kecuali berupa makanan basah (yang kadar airnya tinggi)yang dikhawatirkan busuk.Kalau seorang isteri memberi makanan tanpa memperoleh izin suaminya,maka suaminya yang mendapat pahala dan ia sen diri mendapat dosa.(al-hadits).

Seorang isteri juga harus menghormati keluarga suaminya,kerabat-kerabatnya kendati hanya dengan ucapan.Hendaknya isteri dapat menempatkan dirinya dalam memandang perkara yang sedikit yang dimiliki suami sebagai perkara yang banyak. Tidak menolak jika diajak tidur bersama,kendati saat itu ia sedang berkendaraan.

BAB X

Ibnu Abas mengatakan ,Aku mendengar Rosululloh Saw bersabda :
"LAU ANNA IMROATAN JA'ALAT LAILAHAA QIIYAAMAN WANAHAAROHAA SHIYAAMAN WA'AAHAA ZAUJUHAA ILAA FIROOSYIHI WA TAAKHKHOROT 'ANHU SAA'ATAN WAAHIDATAN JAAAT YAUMALQIAMATI TUSHABU BISSALAASILI WALAGHLAALI MA'ASYSYAYAATHIINI ILAA ASFALI SAAFILIINA" (AL-HADITS)

Artinya : “Seandainya seorang istri menjadikan seluruh waktu malamnya untuk beribadah dan siangnya selalu berpuasa, sementara suaminya mengajak dia tidur bersama (yakni bersetubuh) tetapi ia terlambat sebentar saja memenuhi panggilan (ajakannya),maka kelak di hari kiamat ia datang dalam keadaan terantai dan terbelenggu, serta ia dikumpulkan bersama syetan ditempat neraka yang paling bawah.(al-hadist)

Perlu sekali diketahui, hendaknya seseorang apabila hendak bersetubuh menjauhkan diri dari pandangan orang lain. karena termasuk diharamkan bersetubuh dilihat orang lain. termasuk dalam kategori ini adalah persetubuhan yang dilakukan ditempat terbuka, tidak tertutup dari pandangan orang lain.

Disunnahkan bagi orang yang hendak bersetubuh memulai dengan membaca Bismillahir rahmaanir rahiim, dilanjutkan membaca surat AL Ikhlas, kemudian bertakbir dan bertahlil (yakni membaca ALLOHU Akbar dan Laa ilaahaa illalloh).dilanjutkan membaca :

"BISMILLAHIL 'ALIIYIL 'ADHIMI ALLOHUMMA IJ"AL ANNUTHFATA DZURRIYYATAN THOYYIBATAN IN KUNTA QODARTA AN TUKHRIJA DZAALIKA MIN SHULBII."

Artinya ; "Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung .Wahai Allah ,jadikanlah sperma ini menjadi keturunan yang bagus kalau kehendaki keluar dari tulang rusukku."

Rosululloh Saw mengajarkan :
"LAU ANNA AHADAKUM INNA ATAA AHLAHU QOOLA: ALLOHUMMA JANNIBNISYSYAITHOONA WA JANNIBISYSYAITHOONA MAA ROJAQTANAA ." (AL-HADIST)

Artinya; "Jika seorang diantara kamu bermaksud menyetubuhi istrinya,bacalah:
"ALLOHUMMA JANNIBNISYSYAITHOONA WA JANNIBISYSYAITHOONA MAA ROJAQTANAA(WAHAI ALLOH JAUHKANLAH AKU DARI SYAITAN DAN JAUHKANLAH SYAITAN DARI SUATU RIZQI YANG ENGKAU BERIKAN KEPADA KAMI ).KARENA JIKA DALAM WAKTU PERSETUBUHAN ITU MENGHASILKAN ANAK ,MAKA SYETAN TIDAK AKAN MEMBAHAYAKANNYA.

Apabila telah mendekati ejekulasi dan maka hendaknya membaca do'a dalam hati yaitu "ALHAMDULILLAHILLADZII KHOLAQO MINALMAAI BASYARON FAJA'ALAHU NASABAN WASHIHRON WAKAANA ROBBUKA QODIIRON " .

artinya : “segala puji bagi allah dzat yang telah menciptakan manusia dari setetes air (sperma) lalu dia menjadikan dari setetes air itu keturunan dan keluarga . dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.

Sewaktu bersetubuh hendaknya menghindari menghadap ke arah kiblat. Hal itu semata untuk menghormati kiblat hendaknya dalam oersetubuhan antara laki-laki dan wanita di tutup dengan selimut. Hendaknya seorang istri jangan berpuasa (sunnah) selain telah memperoleh ijin suaminya. Kalaupun tetap berpuasa tanpa mendapatkan ijinnya maka puasanya tidak di terima , kendati ia lapar dan dahaga saja. seorang istri hendaknya pula jangan pula keluar rumah kecuali memperoleh ijin suami . Kalau terpaksa keluar rumah tanpa memperoleh ijinnya maka para malaikat yang ada dilangit melaknatinya , demikian pula para malaikat yang bertugas di bumi , malaikat rahmat dan malaikat juru siksa . Hal itu terus berlangsung hingga dirinya bertaubat atau kembali kerumahnya. Bahaya itu akan berlaku menimpa dirinya sekalipun suaminya seorang yang aniaya.

BAB XI

HIKAYAT

Abdullah alwasiti bercerita bahwa pernah di arafah aku melihat seorang perempuan ia berkata , "barang siapa mendapat petunjuk Allah maka takkan ada yang dapat menyesatkanya, Barang siapa di sesatkan Allah maka tidak ada orang yang akan menunjukanya ".

Tahulah aku bahwa wanita itu seorang tersesat jalan. Aku bertanya."wahai perempuan dari mana asalmu?" Ia menjawab "maha suci Allah Dzat yang telah meng Isra' kan hambanya pada suatu malam dari masjidil haram ke masjidil aqsho ".

Tahulah aku bahwa perempuan itu berasal dari muqodas. Aku bertanya :"Untuk keperluan apa kedatanganmu kemari?" ia menjawab:"Diwajibkan oleh Allah atas manusia menunaikan haji bagi orang yang mampu menempuh perjalananya". Aku bertanya:"kau punya suami?" ia menjawab:"janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan dengan masalah ltu!"."Apa kau bersedia naik unta ?" tanyaku . Ia menjawab:"perkara apa saja dari kebaikan yang kamu kerjakan maka Allah mengetahuinya".

Manakala perempuan itu hendak menaiki kuda, ia berkata "katakanlah kepada orang-orang yang beriman agar menundukan pandangan mereka! ".
Maka akupun berpaling dari memandanginya. setelah berada di punggung kendaraan kembali aku bertanya :"siapa namamu?" dan "ceritakanlah kisah mariam di dalam Al Qur'an ?" jawabnya .
"kau punya anak?"

Ia menjawab :"berwasiatlah ibrahim dengan milat itu kepada anak-anaknya dan Yaqub ".

Akupun mengerti bahwa ia mempunyai beberapa anak. aku melanjutkan pertanyaan :"siapa nama mereka ?"ia menjawab :"dan Allah berfirman kepada Musa dengan firman-firman-Nya .dan Allah menjadikan Ibrahim sebagai kekasih (pilihan) . Hai Dawud , sesungguhnya kami menjadikan kamu kholifah di muka bumi".(jadi nama anak-anak mereka adalah Musa, Ibrahim, dan dawud).

Aku bertanya :"ke daerah mana aku dapat menjumpai mereka ?" ia menjawab :" dan beberapa tanda , dengan bintang mereka di beri petunjuk jalan ".Akupun mengerti bahwa perempuan itu termasuk salah seorang yang ada dalam rombongan pengendara unta .
Aku melanjutkan :"mariam beberapa hari ini kau belum makan apa-apa?"
ia menjawab :" sesungguhnya aku bernadzar kepada Tuhan Arrahman untuk berpuasa.

Manakala aku telah sampai ketempat anak-anaknya dan mereka melihat ibundanya mereka menangis seketika, perempuan itu berkata:" salah seorang di antara kamu pergilah kekota dengan membawa uang untuk berbelanja ".

Aku bertanya kepada anak-anaknya tentang ibundanya itu. mereka menjawab "sesungguhnya dia sudah tiga hari ini tersesat jalan . ia bernadzar tidak akan berbicara apa-apa kecuali menggunakan bahasa Al Qur'an". setelah itu aku bertanya kepada mereka , begitu melihat bahwa mereka menangis semua. mereka menjawab:"sesungguhnya ia dalam keadaan nadzar".

Maka akupun buru-buru masuk menjumpainya dan bertanya kepadanya mengenei keadaan yang di alami . perempuan itu menjawab:"dan sakaratul maut datang dengan nyata ".

Setelah kematianya malamnya aku bermimpi bertemu dengan perempuan itu. aku bertanya:"dimana kamu sekarang?" ia menjawab :"sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa di tempatkan dalam surga dan sungai-sungai,di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa ".

Diriwayatkan dari Rosulullah saw bahwa beliau bersabda :"sesungguhnya istri yang mentaati suaminya di mohonkan ampunan oleh burung-burung yang terbang diudara, ikan-ikan yang ada di air dan para Malaikat yang ada di langit, selagi istri itu berada dalam keridloan suaminya ".(Al-hadits )

BAB XII

HIKAYAT

Di baghdad ada seorang laki laki menikah dengan anak puteri pamannya sendiri.Dalam pernikahan itu ia berjanji tidak akan menikah lagi dengan wanita lain.Suatu hari ada seorang perempuan datang (belanja)ke tokonya.Ia meminta lelaki itu untuk menikahi dirinya.Lelaki itupun bercerita apa adanya,bahwa dia telah mengikat janji dengan istrinya (anak pamannya )untuk tidak akan kawin lagi dengan wanita lain.

Tetapi perempuan itu terus mendesak dirinya ,hingga dirinya rela sekalipun hanya di gilir pada hari jum'at.Lelaki itupun menikahinya.
Masa itu telah berlalu,hingga sampai memasuki kedelapan bulan dalam pernikahannya dengan wanita lain,isterinya mulai curiga.Ia tidak menyukai tingkah suaminya yang mulai tidak beres.Ia memerintahkan pembantunya supaya menyelidiki suaminya.

Menjelang hari jum'at,suaminya keluar,isterinya meminta pembantunya untuk mengawasi dari jauh,ke mana tujuannya. Ternyata ia masuk kerumah seorang perempuan.Pembantutadi terus malakukan penyelidikan Ia bertanya kepada salah seorang tetangga perempuan itu.Jawabnya,bahwa lelaki itu telah menikahinya beberapa bulan yang lalu.

Tuan puterinya di beritahu bahwa,suaminya telah menikah lagi dengan perempuan lain.Ia berkata:"Kamu jangan menyebarkan rahasia ini kepada siapapun".

Manakala lelaki itu telah mati(yakni suami dari isteri anak pamannya) Ia mengutus pembantunya supaya mengantarkan uang sebanyak 500 dinar kepada isterinya yang kedua ."Pergilah kerumahnya dan katakan kepadanya :"Semoga Allah menambah pahalamu menjadi lebih besar .Sesungguhnya suamimu telah mati.Ia meninggalkan uang sebanyak 8000 dinar.Yang tujuh ribu dinar diberikan kepada anaknya.Yang 1000 dinar lagi dibagi dua antara aku dan kamu."

Ketika isteri mudanya mendapat penjelasan itu,ia menolak pemberian uang dari isteri tua.Ia berkata kepada pembantunya :"Kembalikan uanng itu padanya.Aku tidak akan mengambil maskawin daripadanya,dan aku tidak ingin mengambil tinggalan apapun dari padanya."

Tersebut dalam riwayat,kelanjutan hadits diatas :
"AYYUMAMRA-ATIN 'ASHOT ZAUJAHAA FA'ALAIHAA LA'NATULLAAHI WAL MALAA-IKAATI WANNAASI AJMA'IINA".(al hadits)

Artinya: "Mana saja isteri yang berbuat durhaka kepada suaminya,maka ia memperoleh laknat Allah ,para malaikat,dan semua manusia".

Imam Ali bin abu thalib berkata:"Aku mendengar Rasulullah bersabda:"Seandainya seorang isteri membawa makanan yang di goreng dan yang di rebus di kedua tangannya lalu,diletakkan (disiapkan)untuk suaminya, tetapi suaminya tidak meridhoinya,maka dihari kiamat kelak isteri itu akan di kumpulkan bersama golongan Yahudi dan Nashrani.(al hadits)

Abdullah bin mas'ud mengatakan bahwa,aku mendengar Rasulullah bersabda:
"AYYUMAA IMRA-ATIN DA'AAHAA ZAUJUHAA ILAA FIRAASYIHI FASAWWAFAT BIHI hATTA YANAAMA FAHIYA MAL'UUNAH".(al hadits)

Artinya :"Mana saja isteri yang di ajak suaminya bersetubuh,lalu ia mengulur ngulur waktu hingga suaminya tertidur, maka ia terlaknat".

Dalam kelanjutan hadits di katakan:"Mana saja isteri yang bermuka masam di depan wajah suaminya maka ia berada dalam kemurkaan Allah hingga ia tersenyum kembali dan berusaha meminta keridhoannya.Dan mana saja isteri yang keluar rumahnya tanpa mendapat restu suaminya maka ia dilaknati para malaikat hingga kembali".

Abdurrahman bin 'auf mengatakan,aku mendengar bahwa rasulullah bersabda:
"AYYUMAMRA-ATIN 'ABASAT FII WAJHI ZAUJIHAA ILLAA QAAMAT MIN QABRIHAA
MUSWADDATALWAJHI".(al hadits)

Artinya :"Mana saja isteri yang bermuka masam di depan suaminya,kelak ia dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan berwajah hitam".

Dari 'usman bin 'affan Ra berkata, aku mendengar rasulullah bersabda:
"MAA KHARAJAT IMRA-ATUMMINBAITI ZAUJIHAA BI GHAIRI IDZNIHI ILLAA LA'ANAHAA
KULLU SYAI-IN THALA'AT 'ALAIHISYSYAMSU hATTAL hIITAANI FIL BAhRI."

Artinya : "Tidaklah seorang isteri keluar dari rumah suaminya tanpa mendapat restunya, kecuali dilaknati oleh segala sesuatu yang tersiram matahari,hingga termasuk ikan ikan yang ada dilaut".(al hadits)

BAB XIII

Ummul mu'minin 'aisyah ra berkata:
"YAA MA'SYARANNISAA LAU TA'LAMNA BI HAQQI AZWAAJIKUNNA 'ALAIKUNNALAJA'ALATILMAR-ATU MINKUNNA TAMSAhULGHUBAARA 'AN QADAMA ZAUJIHAA BUhURRI WAJHIHAA"(al hadits)

Artinya : " Wahai kaum wanita ,seandainya kamu akan mengetahui hak-hak suamimu atas dirimu,niscaya kamu akan bersedia membersihkan debu ditelapak kaki suaminya dengan sebagian wajahnya".

Tersebut dalam riwayat Al Bazzar dari 'aisyah ra bahwa beliau berkata:"
"Aku bertanya kepada rosulullah saw "Siapa orang yang palingbesar hak-haknya atas wanita ?. Beliau menjawab:"Suaminya". Aku melanjutkan:"siapa orang yang paling besar hak-haknya atas seorang laki laki?".Beliau menjawab"Ibunya".

Rasullullah saw bersabda :"Ada tiga macam orang yang mana Allah tidak berkenan menerima sholatnya ,kebajikannya tidak dibawa naik kelangit.Yaitu:
1)Budak yang lari dari tuannya hingga kembali,
2)Isteri yang di marahi suaminya hingga mendapat ridhonya ;
3)pemabuk hingga sadar (dari mabuknya).

Riwayat Ibnu huzaimah,ibnu hibban dan al baihaqqi dari jabir.

Rasulullah bersabda ketika mengingatkan kaum wanita (isteri):"IDZAA QAALATIL MAR-ATU LIZAUJIHA MAA RA-AITU MINKA KHAIRUNQATHTHU FAQAD hABITHA 'AMALUHA"".

Artinya : "Apabila seorang istri berkata pada suaminya :"Sama sekali aku tidak pernah melihat kamu berbuat baik".makabenar benar telah terhapuslah amalnya".(riwayat ibnu adi dan ibnu 'asakir dan 'aisyah)

Thalhah bin ubaidillah ra mengatakan bahwa,aku mendengar Rasulullah bersabda :
"AYYUMAMRA-ATIN QAALAT LIZAUJIHAA MAA RA AITU MINKA KHAIRAN QUTHTHA ILLAA AYASAHALLAAHU TA'AALAA MIRRAhMATIHI YAUMALQIYAAMATI"

Artinya : "Mana saja perempuan (isteri)yang berkata pada suaminya :Sama sekali aku belum pernah melihat engkau berbuat baik",Kecuali Allah memutuskan rahmat baginya kelak di hari kiamat".(al hadits)

Rasulullah bersabda :"Mana saja istri yang menuntut cerai suaminya tanpa ada perkara yang memperbolehkannya sama sekali(yakni alasan yang jelas),maka haram baginya menikmati bau harumnya sorga (yakni terhalang penciumannya pada bau sorga).(diriwayatkan oleh Ahmad,abu daud,At turmudzi,Ibnu Mahaj,Ibnu Hibban,Al hakim dari tsauban).

Abu bakar As sidiq Ra mengatakan,aku mendengar bahwa rasulullah saw bersabda:"Apabila seorang istri berkata pada suaminya :"Ceraikanlah aku ",Maka kelak dihari kiamat ia datang dengan membawa wajah tanpa terbalut daging,sementara lidahnya menjulur keluar dari langit langit mulut dan ia turun menuju tengah-tengah jurangnya neraka,kendati ia selalu berpuasa dan beribadah di waktu malamnya".

Rasulullah saw bersabda:"INNALLAAHA LAA YANDZURU ILAA IMRA-ATIN LAA TASYKURU ZAUJAHAA..".

Artinya : "Sesungguhnya allah tak mau memperhatikan seseorang istri yang tidak mau bersyukur kepada suaminya".(al hadits)

Rasulullah saw bersabda :"LAA YANDZURULLAAHU TABAARAKA WATA'AALAA ILAA IMRA-ATIN LAA TASYKUR LIZAUJIHAA WAHIYA LAA TSTAGHNII 'ANHU".

Artinya :"Allah tidak mau memperhatikan seseorang istri yang menolak bersyukur kepada suaminya,padahal ia tetap membutuhkan suaminya".

Diriwayatkan dari abu hurairah,aku mendengar bahwa rasulullah saw bersabda "Seandainya seorang istri mempunyai KEKayaan seperti yang dikuasai Sulaiman bin daud,dan suaminya ikut makan hartanya ITu,kemudian istrinya berkata kepadanya:"Mana harta milikmu !!",kecuali Allah akan menghapus amalnya (amal istri)selama empat puluh tahun".

Usman bin 'affan berkata ,aku mendengar Rasulullah saw bersabda:"Seandainya seorang istri mempunya sejumlah harta kekayaan sebanyak isi dunia dan memberikan Semua kekayaan itu pada suaminya,dan setelah berlalu beberapa Saat lalu di ungkit-ungkitnya,kecuali Allah akan menghapus semua amalnya dan akan mengumpulkanya bersama dengan Qorun".


BAB XIV

PERTANYAAN PERTAMA PADA SUAMI DAN ISTRI

Rasulullah bersabda :"AWWALU MAA TUS-ALUL MAR-ATU YAUMAL QIYAAMATI
'ANSHOLAATIHAA WA'AN BA'LIHAA"(al hadits)

Artinya :"Pertama kali yang di pertanyakan kepada seorang isteri pada hari kiamat adalah tentang sholatnya dan suaminya".

Rasulullah bersabda:"Permulaan yang di perhitungkan dari seseorang lelaki (suami) adalah mengenai shalatnya,kemudian tentang istrinya dan perkara-perkara yang di kuasainya.Jika pergaulannya bersama mereka baik dan lelaki itu berlaku baik kepada semuanya, maka Allah berbuat bagus kepadanya.Dan permulaan perkara yang di perhitungkan (yakni dihisab)bagi perempuan adalah tentang shalatnya kemudian tentang hak-hak suaminya .(al hadits)

Rasulullah saw bersabda kepada istrinya:"Dimana engkau mempunyai kewajiban kepada suamimu?.Istri beliau menjawab :Aku tidak akan berbuat lalai dalam melayaninya,kecuali terhadap hal-hal yang kurasa atidak mampu kulakukan. Rasulullah saw pun melanjutkan :"Bagaimanapun kamu bergaul bersamanya maka sesungguhnya suamimu adalh sorga dan nerakamu".(al hadits)

Tersebut dalam riwayat,bahwa Nabi Saw bersabda:"Ada empat macam wanita yang masuk sorga dan empat macam wanita yang lain masuk neraka. Diantaranya empat macam wanita yang masuk sorga adalah
1.istri yang memelihara kesucian(kehormatan dirinya ),
2.menaati perintah Allah dan menaati suaminya,
3.banyak anaknya,
4.penyabar,mudah menerima pemberian sedikit bersama suaminya,mempunyai rasa malu.

Kalau suaminya tidak ada ditempat(sedang pergi) ia memelihara dirinya dan harta suaminya.Kalau suaminya sedang di rumah ia mengekang lisannya.Yang lain adalah isteri yang ditinggal mati suaminya,ia mempunyai anak banyak tetapi ia menahan diri untuk kepentingan anak-anaknya,memelihara mereka berlaku baik pada mereka dan tidak menikah lagi karena khawatir jika menyia-nyiakananak-anaknya itu.Adapun empat wanita yang lain yang di tetapkan masuk neraka adalah,istri yang berlisan buruk pada suaminya,kalau suaminya sedang pergi ia tidak menjaga kehormatan dirinya,kalau suaminya berada dirumah lisannya terus mencerca dengan kata-kata yang buruk,dan isteri yang membebani suaminya dengan beban yang tidak sanggup dipikulnya,dan isteri yang tidak menutup dirinya dari lelaki lainbahkan ia keluar rumah dengan dandanan yang berlebihan,dan isteri yang tidak mempunyai aktivitas lain kecuali makan, minum,tidur dan tidak mempunyai kecintaan untuk melaksanakan sholat,tidak menaati Allah dan rasulNYA dan tidak berusaha menaati suaminya.Isteri yang bersikap seperti itu addalah istri yang terlaknat,termasuk ahli neraka,kecualijika segera bertaubat.(al hadits)

Kata sa'ad bin waqash,aku mendengar rasulullah saw bersabda:"Sesungguhnya seorang istri jika tidak membesarkan hati suaminya sewaktu mengalami kesempitannya,maka Allah akan melaknatnya dan begitu pula para malaikat semuanya ikut melaknat dirinya .(al hadits)

Salman Al farissi mengatakan bahwa aku mendengar Rasulullah saw bersabda:"MAA NADZARATIMRA-ATUN ILAA GHAIRI ZAUJIHAA BISYAHWATIN ILLAA SUMMIRAT 'AINAHAA YAUMANLQIYAAMATI.(al hadits)

Artinya : "Tidaklah seoarang istri yang memperhatikan lelaki yang bukan suaminya di sertai syahwat,kecuali kedua matanya kelak di hari kiamat akan di butakan".

Abu ayyub Al anshari mengatakan ,aku mendengar bahwa rasulullah saw bersabda:"Dilangit dunia,Allah menciptakan (menempatkan tujuh puluh ribu malaikat,dimana mereka melaknati setiap isteri yang menghianati suaminya dalam penggunaan hartanya.Di hari kiamat kelak mereka dikumpulkan bersama para tukang sihir, para dukun,kendati sepanjang hidupnya dihabiskan untuk melayani suaminya".(al hadits)

Kata mu'awiyah,sesungguhnya aku mendengar bahwa rasulullah saw besabda:"AYYUMAA IMRA-ATIN AKHADZAT MIN MAALIN ZAUJIHAA BIGHAIRI IDZNIHI ILLA KAANA 'ALAIHAA WIZRUU SAB'IINA ALFA SAARIQ".

Artinya : "Mana saja seorang isteri yang mengambil harta suaminya,tanpa seizinnya kecuali dirinya mendapat tujuh puluh dosanya pencuri". (al hadits)

Rasulullah saw bersabda:"Allah mengharamkan setiap orang msuk sorga sebelum aku,hanya saja melihat dari sebelah kananku seorang perempuan yang mendahului aku menuju pintu sorga.Aku bertanya "Bagaimana perempuan ini mendahuluiku?Dijawab:"Hai Muhammad,dia adalah perempuan yang bagus.Ia mempunyai anak-anak yatim tetapi ia bersabar merawat mereka hingga mencapai usia beligh.Lalu dia bersyukur kepada Allah terhdap semua itu".(al hadits)

BAB XV

Umar bin khatab mengatakan,bahwa Rasulullah saw bersabda:"AYYUMAA IMRA-ATIN RAFA'AT SHAUTAHAA 'ALAA ZAUJIHAA ILLAA LA'ANAHAA KULLU SYAI-IN THALA'AT 'ALAIHI SYAMSU ".(AL HADITS)

Artinya : "Mana saja isteri yang memperkeraskan suaranya kepada suaminya kecuali dilaknat oleh segala sesuatu yang tersinar oleh sinar mentari.(al hadits)

Abu dzar mengatakan,aku mendengar bahwa Rasulullah saw bersabda:"Sesungguhnya kalaupun seseorang isteri beribadah seperti ibadahnya para malaikat dan manusia yang ahli ibadah.Kemudian ia membuat keprihatinan kepada suaminya karena masalah nafkah,kecuali pada hari kiamat ia datang sementara tangannya terbelenggu pada leher dan kakinya terikat,mulutnya dirobek,wajahnya pucat dan dirinya digantung oleh malaikat yang sangat keras seraya diseret menuju neraka". (al hadits)

Salman Al farisi mengatakan, aku mendengarbahwa Rasulullah saw bersabda:"Mana saja isteri yang bersolek dan mengenakan wewangian,keluar rumah tanpa mendapat izin dari suaminya,maka sesungguhnya dia berjalan dalam kemurkaan Allah dan kebencianNYA hingga kembali".(al hadits)

Rasulullah saw bersabda:"AYYUMAMRA-ATIN NAZA'AT TSIYAABAHAA FII GHAIRI BAITIHAA KHARAQALLAAHU 'AZZA WAJALLA 'ANHAA SITRAHU"(rawahu ahmad dan thabrani dan hakim dan baihaqi)

Artinya : "Mana saja isteri yang menukar pakaiannya dilain rumah dengan maksud sengaja di buka supaya terlihat lelaki lain,maka Allah pasti merobek penutupnya (yakni Allah tidak akan menutupi dosanya (dari ahmad thabrani al-hakim dan al baihaqi)

Tersebut dalam riwayat Al hakim bahwa,ada salah seorang perempuan bertanya kepada Nabi saw, katanya:"Sesungguhnya putra pamanku bermaksud melamar aku,karena itu jelaskan kepadaku apa saja hak-hak suamiatas istrinya.Jika hak-hak itu sanggup aku jalani niscaya aku siap menikah.Rasulullah saw menjawab:"Diantara hak-hak suami adalah seandainya dari hidungnya mengalir darah atau nanah,maka istrinya menjilatinya maka yang demikian itu belum cukup menunaikan hak-haknya.Seandainya diperbolehkan seseorang bersujud kepada orang lain,tentu aku perintahkan seorang istri supaya bersujud kepada suaminya".

Wanita itu berkata:
"Demi dzat yang mengutusmu dengan hak,selama di dunia aku tak akan menikah".

Tersebut dalam riwayat diberitakan oleh Aisyah Ra bahwa,ada seorang perempuan datang menghadap Nabi saw seraya berkata:"Hai rasulullah,aku ini seorang wanita yang masih muda.Baru-baru ini aku sedang dilamar seseorang tapi aku belum suka menikah,sebenarnya apa sajakah hak-hak suami atas istrinya itu?"Rasulullah saw mwnjawab:"Sekiranya mulai dari muka hingga sampai kakinya dipenuhi oleh penyakit bernanah,lalu istrinya menjilati seluruhnya,maka yang demikian itu belum terbilang memenuhi rasa syukur terhadap suami".Perempuan muda itu berkata:"Kalau begitu pantaskah aku menikah?".Rasulullah saw berkata:"Sebaiknya menikahlah karena menikah itu baik".

Tersebut dalam riwayat At thabrani:"Sesungguhnya seorang istri terhitung belum memenuhi hak-hak Allah ta'ala sehingga dia memenuhi hak-hak suaminya keseluruhan.Seandainya suaminya meminta dirinya sementara ia masih berada diatas punggung onta,maka ia tidak boleh menolak suaminya atas dirinya".(yang di maksud meminta dirinya adalah meminta untuk melayani seksual suaminya). (Al hadits)

Ibnu Abbas Ra mengatakan,ada seorang perempuandari kats'am menghadap Rasulullah saw,katanya:"Aku ini seoarang perempuan yang masih sendirian,aku bermaksud menikah.Sesungguhnya apa sajakah hak-hak suami itu? Beliau menjawab:"Apabila suami menghendaki istrinya seraya terus menggoda,sementara waktu itu istrinya masih diatas punggung unta,maka ia tidak boleh menolaknya.Diantara hak suami adalah hendaknya istri jangan memberikan sesuatu apapun dari rumahnya kecuali mendapat izin dari suaminya.Kalau ia tetap melakukan perbuatan itu, maka ia berdosa dan pahalanya diberikan kepada suaminya.Diantara hak suami yang lain adalah hendaknya istri jangan berpuasa sunnah kecuali mendapat izin dari suaminya,kalau ia tetap berpuasa maka hanya mendapat rasa lapar dan dahaga,puasanya tidak diterima.Kalau istrinya memaksa keluar rumah tanpa memperoleh izin dari suaminya maka ia dilaknati para malaikat, hingga kembali dan bertaubat".(Al hadits)

Ali Ra mengatakan,aku berkunjung kepada Nabi saw bersama Fatimah Ra.Sampai dirumah beliau,kujumpai sedang menangis terisak isak,Aku bertanya:"Bapak dan Ibuku menjadi tebusanatas kesedihanmu,wahai Rasulullah,apa sebenarnya yang menyebabkan engkau menangis seperti itu?".Rasulullah menjawab:"Hai Ali pada malam ketika aku di isra'kan kelangit,kulihat berbagai macam kaum wanita dari umatku di siksa dineraka dengan berbagai macam siksaan,Melihat hal itu aku menangis lantaran beratnnya siksaan yang di timpakan kepada mereka.Aku melihat ada wanita yang digantung dengan rambutnya dimana otaknya mendidih.Aku melihat lagi wanita yang di gantung dengan lidahnya,sementara yang mendidih dituangkan ke tenggorokannya.Aku juga melihat wanita yang kedua kakinya dipasung hingga susu dan kedua tangannya terbelenggu pada ubun-ubunnya.Sementara Allah memerintah ular dan kalajenging untuk menyiksanya.Aku juga melihat wanita yang digantung dengan kedua susunya.Aku melihat pula wanita berkepala babi dan berbadan keledai,ia mengalami beribu-ribu siksaan.Aku melihat wanita yang berbentuk(berupa )anjing ,sementara api neraka membakar dirinya masuk melalui lobang mulutnya dan keluar melalui duburnya,sementara para malaikat memukulimya dengan godam yang panas.Mendengar semua itu Fatimah Az Zahra bangkit seraya berkata:"Wahai Kekasihku dan permata hatiku,sesungguhnya perbuatan apakah yang pernah dilakukan mereka,hingga mengalami siksaan seperti itu?".Rasulullah menjawab:"Wahai putriku perempuan yang digantung menggunakan rambutnya sendiri adalah disebabkan ia tidak menutup rambutnya dari pandangan lelaki lain.Perempuan yang di gantung menggunakan lidahnya disebabkan ia suka menyakiti hati suaminya.Perempuan yang digantung menggunakan kedua susunya disebabkan ia mengotori tempat tidur suaminya(dia bersetubuh dengan lelaki lain).Perempuan yang dipasung kedua kakinya pada kedua susu dan kedua tangannya dirantai keubun-ubunnya,sementara Allah memerintah ular dan kalajengking untuk menyiksanya,disebabkan dia tidak mandi jinabat,tidak mandi setelah haid danmeremehkan sholat.Perempuan yang berkepala babi dan berbadan keledai sesungguhnya perempuan itu suka mengadu-adu lagi pendusta.Adapun perempuan yang berbentuk anjing sementara api membakar dirinya masuk melalui mulut dan keluar melalui duburnya,sesungguhnya disebabkan dia perempuan yang suka mengungkit ungkit (pemberian kepada suaminya)lagi berhati dengki.Wahai putriku,celaka sekali istri yang bermaksiat(durhaka)kepada suaminya".(Al hadits)

Singkatnya bahwa kedudukan suami bagi istrinya Jika dimisalkan seprti kedudukan orang tua atas anak-anaknya,Sebab ketaatan anak terhadap orang tuanya dan usaha anak mencari keridhaan orang tuanya termasuk wajib.Sebaliknya kewajiban itu tidak berlaku bagi suami.

BAB XVI

PERKARA PENTING

Tersebut dalam riwayat dari Abu Hurairah Ra,katanya,suatu hari Rasulullah saw menjenguk putrinya,Fathimah-.Sampai di rumahnya,Rasulullah melihat putrinya sedang menggiling tepung sambil menangis.

Rasulullah bertanya:"Kenapa menangis,Fathimah.Mudah mudahan Allah tidak membuat matamu menangis lagi".

Fathimah menjawab:"Bapak,aku menangis haya karean batu penggiling ini,dan lagi aku haya menangisi kesibukanku dirumah yang datang silih berganti".Rasulullah kemudian mengammbil tempat duduk disisinya.Fathimah berkata:"Bapak demi kemulyaanmu,mintakanlah kepada Alli supaya membelikan seorang budak untuk membantu pekerjaan pekerjaanku membuat tepung dan menyelesaikan pekerjaan rumah".

Manakala Rasulullah saw selesai mendengar perkataan putrinya,belliau bangkit dari duduknya dan berjalan menuju tempat penggilingan.beliau memungut segenggam biji bijian gandum dimasukkan kepenggilingan.Dan mebaca "BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIIMI"Maka berputarlah alat penggilingan itu karena izin Allah.Beliau terus memasukkan biji-bijian itu sementara alat penggiling tiu terus berputar dengan sendirinya ,seraya memuji Allah dengan bahasa yang tidak di pahami manusia.Hal itu terus berajalan hingga biji-bijian itu habis.

Rasululah saw bersabda kepada alat penggilingan itu:"Berhentilah dengan ijin Allah".Seketika alat itu berhenti.Ia berkata seraya mengutip ayat Al Qur'an:"HAi orang orang yang beriman,peliharalah dirimu dan keluargam dari api neraka,Yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, keras yang tidak pernah mendurhakai Allah terhadap yang diperintahkanNYA,dan mereka selalu mengerjakan segala apa yang diperintah".(Qs At Tahrim 6)

Merasa takut jika menjadi batu kelak akan masuk neraka,demikian tiba tiba batu itu berbicara dengan ijin Allah.Ia berbicara menggunakan bahasa Arab yang fasih.Selanjutnya batu itu Berkata:"Wahai Rasulullah,demi dzat yang mengutusmu dengan hak menjadi Nabi dan rasul,seandainya engkau perintahkan aku untuk menggiling biji-bijian yang ada diseluruh jagat Timur dan Barat,niscayaakan kugiling seluruhnya'.Dan aku mendengar pulabahwa Nabi saw bersabda:"Hai batu,bergembiralah kamu sesungguhnya kamutermasuk batu yang kelak di gunakan untuk membangun gedung Fathimah disorga".Seketika itu batu penggiling itu sangat bahagia dan berhenti.

Nabi saw bersabda kepada putrinya,Fathimah:"Kalau Allah berkehendak, hai Fathimah,niscaya batu penggiling itu akan bergerak dengan sendirinya untukmu.Tetapi Allah berkehendak mencatat kebaikkan kebaikkan untuk dirimu danmenghapus keburukkan keburukkanmu serta mengangkat derajatmu.HAi Fathimah mana saja seoarang istri yang membuatkan tepung untuk suaminya dan anak anaknya,kecuali Allah mencatat baginya memperoleh kebaikkan dari setiap butir biji yang tergiling,Dan menghapus keburukkannya serta meninggikan derajatnya.

Hai Fathimah mana saja istri yang berkeringat disisi alat penggilingannya karena membuatkan bahan makanan untuk suaminya,kecuali Allah akan memisahkan atas dirinya dan neraka sejauh tujuh hasta.Hai Fathimah mana saja seorang istri yang meminyaki rambut anak-anaknya dan menyisir rambut mereka dan mencuci baju mereka,kecuali Allah akan mencatat baginya memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang memberikan makan kepada seribu orang yang sedang kelaparandan seperti pahalanya orang yang memberikan pakaian kepada seribu orang yang sedang telanjang.Hai fathimah mana saja istri yang memenuhi kebutuhan tetangganya ,kecuali Allah kelak mencegahnya(tidak memberi kesempatan baginya)Untuk minum air dari telaga Kautsar besok di hari kiamat.Hai Fathimah tetapi yang lebih utama dari pada itu semua adalah keridhoan suami terhadap istrinya.Sekiranya suamimu tidak meridhoimu,tentu aku tidak akan mendoakan dirimu".

"Bukankah engkau mengerti,hai fathimah,bahwa keridhoan suami itu menjadikan sebagian dari keridhoan Allah,dan kebencian suami merupakan bagian dari kebencian Allah.Hai Fathimah,manakala seorang istri sedang mengandung,maka para malaikat memohonkan ampunan untuknya,dan setiap hari dirinya dicatat memperoleh seribu kebajikan dn seribu keburukannya di hapus.Apabila telah mencapai rasa sakit (menjelang melahirkan)maka Allah mencatat baginya memperoleh pahala seperti pahalanya orang orang yang berjihad di jalan Allah.Apabila telah melahirkan dirinya terbebas dari segala dosa seperti keadaannya di hari setelah dilahirkannya oleh ibunya".

"Hai Fathimah, mana saja istri yang melayani suaminya dengan niat yang benar,kecuali dirinya terbebas dari dosa-dosanya bagaikan pada hari dirinya dilahirkan ibunya.Ia keluar dari dunia (yakni mati)kecuali tanpa membawa dosa,ia menjumpai kuburnya sebagai pertamanan sorga,Allah memberinya pahala seperti pahala seribu orang yang naik haji dan berumrah,dengan seribu malaikat memohonkan ampun padanya sampai hari kiamat".

"Mana saja seorang istri yang melayani suaminya sepanjang hari dan malam,di sertai hati baik, niat yang ikhlasdan niat yang benar,kecuali Allah akan mengampuni semua dosa-dosanya.Pada hari kiamat kelak dirinya akan di beri pakaian berwarna hijau,dan dicatatkan untuknya pada setiap rambut yang ada di tubuhya dengan seribu kebajikan,dan Allah memberi pahala untuknya sebanyak orang yang pergi haji dan umrah".

"Wahai Fathimah mana saja seorang istri yang tersenyum manis di muka suaminya,kecuali Allah akan memperhatikannya dengan penuh mendapat rahmat.hai Fathimah,mana saja seorang istri yang menyediakan tidur bersama suaminya dengan sepenuh hati,kecuali ada seruan yang di tujukan kepadanya dari balik langit:Hai perempuan menghadaplah dengan membawa amalmu,sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu dan yang datang".

"Wahai Fathimah ,mana saja seorang istri yang meminyaki rambut suaminya demikian juga jenggotnya memangkas kumisnya dan memotong kuku-kukunya ,Kecuali Allah kelak memberi minum padanya dari "RAHIQIM MAKHTUM"(tuak yang tersegel)dan dari sungai yang terdapat di sorga.bahkan Allah akanmeringankan beban sakaratulmaut,kelak dirinya akan menjumpai kuburnya bagai taman sorga.Allah mencatatnya terbebas dari neraka dan mudah melewati shirath(titian)".

Pengertian,yang dimaksud "RAHIQ" adalah "AL-KHAMRU ASYSYAFIYATU ATHTHAYYIBATU",yakni arak yan jernih lagi sangat bagus.sedangkan makna "MAKHTUM"adalah."AL-MAMNU'MIN AN TAMASSAHU YADUN ILAA AN YAFUKKAL ABRAARU KHATMAHU",yakni tercegah dari penjamahan tangan hingga orang -orang yang baik melepas segelnya.

Jelas bahwa barang yang disegel jauh lebih baik ketimbang barang yang mengalir.

Diriwayatkan dari ibnu mas'ud ari Nabi saw bahwa beliau besabda:"IDZAA GHASALATIL MAR-ATU TSIYAABA ZAUJIHAA KATABALLAHU LAHAA ALFA HASANATIN WAGHAFARA LAHAA ALFA SAYYI-ATIN WARAFA'A LAHAA ALFA DARAJATIN WASTAGHFARA LAHAA KULLU SYAI-IN THALA'AT 'ALAIHISYSYAMSU".(AL HADITS)

Artinya :"ketika seorang istri mencucikan pakaian suaminya, maka Allah mencatat untuknya memperoleh seribu kebajikan dan mengampuni seribu keburukannya.meninggikan seribu kali derajat untuknya dan semua barang yang berada di bawah siraman mentari memohonkan ampun untuknya".

Aisyah Ra mengatakan:Suara penenunan yang dilakukan oleh seorang istri,itu menyamai gemuruh suara takbir dalam perang fi sabilillah.mana saja seorang istri yang memberi pakaian suaminya dari hasil tenunannya,kecuali pada benang tenunan itu tercatat seribu kali kebajikan.

Nabi saw bersabda:"MANISTARAA LI'IYAALIHI SYAI-ANTSUMMA hAMALAHU BIYADIHI ILAIHIM hTHALLAAHU 'ANHU DZUNUUBA SAB'IINA SANATAN".

"Barang siapa yang membuat gembira hati seorangistri maka ia bagaikan tengah menangis karena takut kepada Allah maka Allah mengharamkan tubuhnya dari api neraka".

Rasulullah bersabda:"Barang siapa yang membuat genbira hatinya seorang wanita,seakan akan menangis karena takut kepada Allah.Dan barang siapa menagis karena takut pda Allah maka Allah mengharamkan tubuhnya masuk kedalam api neraka".(al hadits)

Rasulullah saw bersabda:'Suatu rumah yang mana didalamnya terdapat anak anak perempuan, maka setiap ahri Allah menurunkan dua belas rahmat dan tidak henti hentinya di kunjungi malaikat.Dan bagi kedua orang tuanya setiap hari dan malam dicatat seperti ibadah selama tujuh puluh tahun".

BAB XVII

KEUTAMAAN SHALATNYA WANITA DIRUMAHNYA SENDIRI

Dalam bagian ini akan membicarakan tentangg keuytamaan shalatnya orang perempuan (istri)di rumahnya sendiri dan shalatnya itu lebih utama di banding shalat orang perempuan di masjid,sekalipun berjamaah dengan rasulullah.

Humaid As Sa'idi meriwayatkan tentang seorang perempuan yang datang kepada Rasulullah perempuan itu bertanya:"Hai rasulullah,sesungguhny aku sangat senang jika shalat berjamaah denganmu".Nabi menjawab:"Aku tau kamu senang shalat berjamaah denganku.Tetapi shalatmu di rumahmu sendiri lebih utama dari pada shalatmmu di kamarmu dan shalatmu di kamarmu lebih utama di banding shalatmu diserambi rumahmu dan shalatmu di serambi rumahmu lebih utama di banding shalatmu di masjidku ini".

Yang demikian itu tidak lain untuk menjaga agar ketertutupan dirinya sebagai hak yang perlu di jaga.

Rasulullah bersabda:"Sesungguhnya shalatnya orang perempuan di rumahnya lebih baik dari pada shalat di kamarnya,dan sesungguhnyalah shalatnya seorangperempuan di kamarnya lebih baik dari pada shalatnya di serambi rumahnya ,dan shalatnya seorang perempuan di serambi rumahnya itu lebih baik dari pada shalatnya di masjid".(al hadits riwayat Al baihaqi dari Aisyah Ra)

Rasulullah saw bersabda :"shalat seorang perempuan di rumahnya lebih utama dari pada shalatnya di kamarnyadan shalatnya di dalam ruangan yang berada di tengah tengah rumahnya lebih baik dari pada shalatnya di serambi rumahnya".Diriwayatkan oleh abi daud dari ibnu mas'ud dan riwayat Al hakim dari Ummu salamah.

Rasulullah Saw bersabda:"SHALAATUL MAR-ATI WAHDAHAA TAFDHULU 'ALAA
SHALAATIHAA FIL JAM'I BIKHAMSIN WA'ISYRIINA DARAJATAN".

Artinya :”Shalatnya seorang wanita sendirian menyamai shalatnya dalam berjamaah denga memperoleh dua puluh lima derajat ".(di riwayatkan oleh Ad Dailami dari ibnu 'umar)

Menurut suatu pendapat ,shalat seorang wanita yang demikian itu berlaku bagi perempuan yang masih lajang,yakni belum kawin.

Rasulullah Saw bersabda :"INNA AHABBA SHALAATIL MAR-ATI ILALLAAHI FII ASYADDI MAKAANIN FII BAITIHAA"

Artinya :"Sesungguhnya shalat seorang wanita yang paling di sukai Allah adalah yang di laksanakan di dalam rumahnya yang gelap".

Rasulullah Saw berssabda :"seseungguhnya seorang istri yang keluar rumah,padahal tidak ada kebutuhan yang teramat mendesak,maka syethan terus memperhatikan dan mengikutinya.Syetan berkata:"Jangan kau sia-siakan setiap melewati seseorang kecuali ia kagum padamu".lalu wanita itu mengenakan busananya.Ketika di tanya suaminya :"Hendak kemana kamu..?".ia menjawab:"Aku hendak membesuk orang sakit,atau aku hendak mendatangi upacara pemberangkatan jenazah atau aku hendak shalat di masjid".Padahal tidak ada ibadah seorang perempuan yang lebih sempurna kepada tuhannya kecuali yang di kerjakan di rumahnya sendiri".

Diriwayatkan dari Abu Syaibani bahwa ,ia melihat Abdullah bin Asy menghalau perempuan perempuan dari masjid di hari jum'at IA berkata:"Keluarlah kalian kerumah masing masing.Hal itu Jauh lebih baik bagi kamu".Di riwayatkan oleh sulaiman Al 'Lakhami dari Ath Thabrani

Di riwayatkan ada seorang perempuan yang berlalu dekat dengan abu hurairah Ra. Ia berbau sangat harum semerbak.Abu hurairah bertanya:"Hai perempuan hendak kemana kamu..?".Ia menjawab:"Hendak ke masjid".Abu hurairah melanjutkan:"Kau mengenakan wewangian..?".Ia menjawab :"Yaa".Abu hurairah berkata:"Kembalilah,mandi dulu.Sebab aku pernah mendengar bahwa rasulullah Saw bersabda:"Allah tidak akan menerima shalat seorang perempuan yang keluar menuju masjid dengan membawa aroma yang semerbak harum sehingga ia pulang kembali lantas mandi".(Al hadits)

Yang di maksud mandi dalam hadits itu adalah menghilangkan bau harum yang di timbulkan dari bau minyak wangi tersebut.jadi maksudnya tidak di hususkan pada mandinya melainkan upaya menghilangkan bau wangi tersebut.

Rasulullah Saw besabda :"AL MUKHTALI'ATU WAL MUTABARRIJAATU HUNNAL MUNAAFIQAATU".

"Perempuan perempuan yang minta cerai suaminya tanpa 'udzur dan perempuan perempuan yang memperlihatkan perhiasan (dandananya)kepada orang bannyak mereka termasuk munafik".(Diriwayatkan oleh Abu na'im dan Ibnu mas'ud)

BAB XVIII

LARANGAN BERHIAS DAN BERBUSANA BERLEBIHAN

Di riwayatkan dari Aisyah Ra,katanya ketika Rasulullah Saw sedang duduk beristirahat di masjid,tiba tiba ada seorang perempuan golongan muzainah terlihat memamerkan dandanannya di masjid sambil menyeret nyeret busana panjangnya Rasulullah Saw bersabda:"Hai sekalian manusia ,laranglah istri istrimu (termasuk anak anak remaja perempuan yang mereka miliki)mengenakan dandanan seraya berjalan angkuh di dalam masjid.Sesungguhnya Bani Israil tidak akan dilaknati sehingga kaum perempuan mereka dandanan menyolok(berlebihan)dan berjalan di dalam masjid.(Di riwayatkan Ibnu majah)

Rasulullah Saw bersabda:"mana saja seorang perempuan yang mengenakan wewangian, kemudian keluar rumah lalu melewati orang banyak dengan maksud agar mereka mencium bau harumnya,maka perempuan itu termasuk golongan perempuan yang berzian dan setiap mata yang memandang itu melakukan zina (diriwayatkan Ahmad Annasai dan Al HAkim dari Ibnu abu Musa Al Asy'ari)

Rasulullah Saw bersabda :"Aku melihat di sorga ,ternyata sebagian besar isinya (yakni penghuninya )adalah golongan orang fakir.Dan aku melihat neraka ternyata sebagian besar penghuninya kulihat dari golongan orang perempuan".(Dir ir wayatkan oleh Ahmad,Muslim,Turmudzi,dari Anas dan diriwayat oleh bukhori dan Turmudzi dari Imran bin Hashin)

Yang demikian itu di sebabkan karena,mereka sedikit sekali menaati Allah ,menaati Rasul-NYA dan menaati suaminya.Sebaliknya mereka lebih suka memamerkan dandannannya (tabaruj).

Dalam pengertiannya yang di sebut "tabaruj" adalah seorang perempuan apabila bermaksud keluar rumah mengenakan pakaian yang lebih bagus dan berdandan mencolok yang tidak biasanya seperti itu.Ia keluar itu dapat mengganggu kaum lelaki,Kalaupun ia bisa menyelamatkan diri,tetapi kaum lelaki tidak akan selamat dari sikapnya.Karena itu Nabi Muhammad Saw menngingatkan bahwa,orang perempuan itu segala aurat.

Rasulullah Saw bersabda :"Orang perempuan itu segala aurat.Apabila kelluar rumah maka syetan memperhatikannya terus untuk menyesatkannya.Dan yang lebih mendekatkan seorang perempuan kepada Allah adalah jika berada di rumahnya".

Dalam Riwayat lain di jelaskan:"Orang perempuan itu segala aurat,maka pingitlah mereka,Karena manakala seorang perempuan keluar jalan,dan keluarganya berkata:"hendak kemana kamu..?".Ia menjawab:"aku hendak membesuk orang sakit,atau aku hendak mengiringi jenazah,maka tidak henti hentinya syetan menggodanya hingga ia mengeluarkan lengannya(yakni ia mengeluarkan sebagian tubuhya).Tidak ada perempuan yang berusaha memperoleh keridhoan Allah seperti kalau dirinya tinggal di rumah,menyembah Tuhannya dan meaati suaminya'.

Hatim Al Asham mengatakan,Wanita sholehah itu menjadi tiangnya agama dan sebagai pemakmur(yang meramaikan)rumah serta membantu suamimelaksanakan ketaatan pada Allah.Sebaliknya perempuan yang suka melanggar hukum,dapat menghancurkan hati suaminya dengan tertawa.

Abdullah bin 'umar Ra mengatakan:"Tanda tanda perempuan yang shalihah adalah,jika mempunyai kecintaan takut pada Allah dan bersikap qona'ah(menerima apa adanya)terhadap apa yang di berikan Allah.Ia di hiasi sifat pemurah terhadap perkara yang di miliki,ibadahnya baik,berbakti pada suami dan gemar mempersiapkan diri beramal shalih untuk persiapan mati.

BAB XIX

DOSA BESAR BAGI ISTERI

Termasuk dosa besar bagi seorang isteri adalah bila mana keluar rumah tanpa seijin suaminya.Kendati tujuannya untuk takziyah kepada orang tuanya yang mati.

Tersebut dalam ihya 'ulumuddin Imam Al Ghozali di katakan bahwa ada seorang lelaki (suami)hendak bepergian.Sebelum berangkat ia meminta istrinya agar tidak turun dari tempatnya yang berada di bagian bangunan tingkat atas .Sementara Orang tuanya berada di tingkat bawah.Orang tuanya sakit .Perempuan itu mengutus seorang pembantunya menghadap Rasulullah Saw untuk minta izin turun sebentar untuk membesuk orang tuanya.

Rasulullah Saw bersabda :"Taatilah suamimu.Jangan kau turun.."Tidak begitu lama,orang tuanya mati.IA mengirim utusan menghadap Rasulullah Saw untuk memohonkan izin,agar dirinya dapat menyaksikan jenazah orang tuanya.

Rasulullah Saw bersabda :"Taatilah suamimu".

Maka orang tuanyapun di kuburkan.tidak begitu lama Rasulullah Saw mengutus seseorang untuk memberi tahu pada perempuan itu bahwa Allah telah mengampuni dosa dosa orang tuanya disebabkan ketaatan perempuan itu pada suaminya.

FAIDAH

Ada seorang Ibu memberi nasehat pada putrinya,IA berkata peliharalah sepuluh tingkah ini,niscaya kamu akan menjadi simpanan,Yaitu:

Pertama dan kedua:Mudah menerima keadaan(qona'ah),berbakti dan mentaati suami.

Ketiga dan keempat,hendaknya kamu menjadikan dirimu sebagai perempuan yang selalu di dambakan dan dirindukan lantaran tatapan mata dan ciumannya.Artinya hendaknya kamu jangan sampai dilihat suamimu sebagai perempuan yang di benci (atau perempuan yang buruk).hendaknya suamimu tidak pernah berkasih mesra dengan dirimu kecuali dalam keadaan selalu harum melekat dalam dirimu.

Kelima dan keenamnya hendaknya kamu selalu menjadi perhatian sewaktu suamimu makan dan tidur.Sebab rasa lapar itu mudah menimbulkan pemberontakan nafsu dan sulit tidur,bahkan mempermudah tumbuhnya kemarahan.

Ketujuh dan kedelapannya hendaknya kamu pandai pandai memelihara harta dan rahasia keluarga suami yang dapat mempermalukan dirinya.

Kesembilan dan kesepuluhnya:Hendaknya kamu jangan menentang perintahnya,dan jangan suka menyebarkan rahasia suami.KArena kalau kamu menentang perintahnya akan sangat mudah menimbulkan/meledakkan kemarahannya.Kalau kamu menyebarluaskan rahasianya berarti kamu tidak dapat di percaya jika dia sedang tidak ada dirumah.

Ingatlah baik baik ingatlah.Sekali sekali kamu jangan menunjukkan kegembiraan di hadapannya,selagi suamimu sedang bersedih.Sebaliknya jangan berwajah cemberut selagi suamimu berwajah berbinar binar lagi gembira.

Rasulullah Saw bersabda :"Sesungguhnya seorang istri yang keluar rumah sedangkan suaminya tidak menyukainya maka seluruh malaikat melaknatinya,demikian pula semua barang yang di lewatinya,selain jin dan manusia.Sehingga dirinya kembali dan bertaubat.

PAHALA BAGI PEREMPUAN YANG HAMIL

Tersebut dalam riwayat bahwa NAbi Muhammad Saw bersabda:"Apakah salah seorang di antara kamu senang,hai kaum isteri,kalau kamu sedang mengandung dari hasil hubungan dengan suaminya,sementara suaminya merasa senang.Sesungguhnya perempuaan yang sedang hamil memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang sedang berpuasa sambil perang di jalan Allah.Apabila mencapai puncak sakit mendekati melahirkan semua penduduk langit tidak ada yang tahu perkara apa yang disamarkan baginya,berupa ketenangan bathinnya.Apabila telah melahirkan,maka tidak ada tetesan air susu yang keluar dari susu ibunya dan tidaklah si bayi menghisap air susu ibunya kecualipada setiap tetesan dan isappan di catat sebagai satu kebaikkan.Jika di waktu malamnya ia terjaga maka ia memperoleh pahala,bagaikan pahala memerdekakan tujuh puluh budak yag di merdekakan di jalan Allah secara ikhlas,(di riwayatkan Hasa bin sufyan dan Tabrani,ibnu Asakir dari salamah)

Rasulullah bersabda:"INNARRAJUULA IDZAA NADZARA ILAAM RA-ATIHII WANADZARAT ILAIHI NADZARALLAAAHU ILAIHIMAA NADZARA RAHMATIN FAIDZAA AKHADZA BIKAFFIHAA TASAA QATHAT DZUNUUBUHUMAAA MIN KHILAALIN ASHAABI'IHIMAA"

Artinya :"Sesungguhnya seorang suami apabila memperhatikan isterinya dan isterinya balas memerhatikan suaminya,maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian penuh rahmat.Manakala suaminya merengkuh telapak tangannya(diremas remas)maka berguguranlah dosa dosa suami istri itu darisela sela jari jemarinya.(di riwayatkan maisarah bin Ali dari Ar rafi'i dari sa'id Al Khudzi Ra)

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw bahwa:"INNARRAJULA LAYUJAMI'U AHLAHU FAYUKTABU LAHU BIJIMA'IHI AJRU WALADI DZKARIN QAATALA FII SABILILLAAHI FAQUTILU".

Artinya : "Sesungguhnya seorang suami yang menggauli istrinya ,maka pergaulannya itu dicatat memperoleh pahala seperti pahalanya anak lelaki yang berperang di jalan Allah lalu terbunuh(Al hadits)

Ketahuilah bahwa,ada beberapa faktor yang dapat membentuk seseorag anak dekat dengan Allah Antara lain:

1.)sejalan dengan yang di cintai Allah,bahwa putera yang dihasilkan itu di maksud untuk menyambung generasi manusia.

2) Mencari kecintaan dari Rasulullah Saw, maksudnya untuk memperbanyak(memperbesar)jumalah umatnya Nabi Muhammad Saw yang ana besar jumlah umat itu menyebabkan kebanggaan beliau.

3)Mengharap kelak memperoleh do'a anak yang sholeh setelah kematiannya.

4)Mencari syafa'at dengan kematian anak yang masih berusia anak -anak,sebelum kematian dirinya sendiri(orang tua)

BAB XX

KEHARAMAN KAUM LELAKI MEMANDANG WANITA YANG BUKAN MUHRIMNYA

Dalam fasal ini dijelaskan tentang diharamkannya kaum lelaki memandang kaum wanita yang bukan muhrimnya.Begitu pula sebaliknya,yakni keharaman kaum wanita memperhatikan kaum lelakiyang bukan muhrimnya.

Tersebut dalam firman Allah dalam surat Al ahzab,:
"WA IDZAA SA-ALTUMUU HUNNA MATAA'AN FAS ALUU HUNNA MIWWARAA I HIJAABIN DZAALIKUM ATH HARU LIQULUUBIKUM WAQULUU BIHINNA"

Artinya : "Apa bila kamu meminta sesuatu kepada mereka maka mintalah dari belakang tabir.Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan bagi hati mereka"

Dalam surat An Nuur ayat 30 di jelaskan:
"QUL LILMU-MINIINA YAGHUDHDHUU MIN ABSHAARIHIM WAYAHFADZUU FURUUJAHUM DZAALIKA ADZKAA LAHUM INNALLAAHA KHAIRUMBIMAA YASHNA'UUNA"

Artinya : "Katakanlah kepada orang laki-lakiyang beriman :"Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya.Yang demikian itu lebih suci begi mereka";SesungguhnyaAllah maha mengetahui apa yang mereka perbuat"

Rasulullah Saw bersabda:"Pandangan mata itu merupakan panah beracun dari panah Iblis.BArang siapa meninggalkannya karena takut Allah SWT,maka Allah memberinya keimanan yang mana ia akan memperoleh kemanisannya didalam hati".

NAbi Isa as bersabda:"IYYAAKUM WANNADZARA FA INNAHAA TUZRI'U FILQOLBI SYAHWATAN WAKAFAA BIHAA FITNATAN"

Artinya : "Takutlah kamu .peliharalah dirimu dari memperhatikan.Karena sesungguhnya memperhatikan itu menumbuhkan syahwat di dalam hati.Dan cukuplah syahwat iru menjadi fitnah".

Sa'ad bin jubair mengatakan hanyalah fitnah yang menimpa Nabi Daud As adalah di sebabkan pandangan beliau.Nabi Daud bersabda kepada putera beliau Nabi Sulaiman As,lebih baik berjalanlah di belakang macan dan Harimau, janganlah berjalan di belakang perempuan.

Mujahid mengatakan, apabila seorang perempuan mengahadap ke muka maka Iblis duduk di bagian kepalanya.Lalu Iblismemperindah diri perempuan itu yang di peruntukkan bagi orang yang memperhatikannya .Kalau seorang perempuan berbalik menghadap kebelakang maka Iblis duduk di pantatnya.Lalu Iblis memperindah perempuan itu yang di peruntukkan bagi orang yang memperhatikannya.
Seorang bertanya kepada Nabi Isa As,Apa permulaan yang menyebabkan orang berzina?.Beliau bersabda :Yaitu akibat memperhatikan perempuan dan memperhatikan dirinya.

Al Fudhail mengatakan,Iblis berkata bahwa pandangan yang di lepaskan pada suatu perkara yang tidak halal itu adalah merupakan panahku yang sudah tua dan busurku yang tak pernah luput jika aku pergunakan.

Tersebut dalam sya'ir:

SEGALA SESUATU YANG BARU TERJADI PERMULAANNYA DARI PANDANGAN NYALA API YANG BESAR PERMULAANNYA DARI PELATUK YANG KECIL ORANG YANG MEMPERMAINKAN MATA SANGAT DI KHAWATIRKAN AKIBATNYA BERAPA BANYAK PANDANGAN YANG MASUK DAN BEKERJA DALAM HATI BAGAIKAN ANAK PANAH YANG DILEPAS BUSUR DAN TALI ORANG YANG MEMPERHATIKAN PERKARA YANG MEMBAHAYAKAN AKAN MENYENANGAKAN ORANG YANG MEMPUNYAI KEKHAWATIRAN TETAPI KALAU AKHIRNYA MENCELAKAKAN ITU TIDAK MEMBAHAYAKAN.

Ummu salamah Ra mengatakan bahwa Ibnu Ummi maktum meminta izin kepada Rasulullah Saw.Saat itu aku dam maimunah Ra duduk bersama,maka Rasulullah bersabda:"Bertakbirlah kalian ".Kami menimpali:"Bukankah dia orang buta yang tidak dapat memandang kami?".Rasulullah bersabda:"Apa kalian tidak dapat melihatnya juga?".

Rasulullah Saw mengingatkan:"LA'ANALLAAHUNNAADZIRA WALMANDZUURA ILAIHI"

Artinya : "Allah melaknat orang yang dipandang dan orang yang dipandangi(membalas pandangan).

Bagi perempuan yang beriman pada Allah,tidak dibenarkan memperlihatkan diri pada setiap orang asing,karena yang tidak terikat oleh pernikahan atau muhrim karena nasab atau sesusuan.Demikian pula orang lelaki tidak dibenarkan memperhatikan kaum wanita,sebaliknya kaum wanita balas memperhatikan pandangannya.

Sebagaimana kaum lelaki menundukkan pandangannya kepada kaum wanita,maka menjadi kewajiban pula kaum wanita menundukkan pandangan mata terhadap kaum lelaki.Pendapat itu sebagaimana di tekankan oleh Ibnu Hajar dalam kitab AZ ZAWAJIR .

Tidak pula diperbolehkan lelaki bermusafahah(bersalaman)dengan perempuan yang bukan muhrim.Larangan ini berlaku juga pada perbuatan salingmemberikan. Sebab itu perkara yang di haramkan memandangnya diharamkan pula memegangnya.Mengingat dengan cara memegangnya itu ia dapat merasakan kelezatan. Hal ini didasarkan pada dalil bahwa,kalau orang berpuasa lalu berpegangan dengan lawan jenisnya yang menyebabkan inzal(keluar mani),maka puasanya batal.Tetapi kalau keluarnya mani disebabkan oleh pandangan,puasanya tidak batal.Demikian menurut penjelasan kitab An Nihayah.

Diriwayatkan oleh Thabrani di dalam kitab Al Kabir dari mu'qal bin Yasar bahwa,salah seorang di antaramu yang di lukai kepalanya oleh jarum,itu lebih baik dari pada memegang perempuan yang tidak dihalalkan untuknya.

Rasulullah Saw memperingatkan :"ITTAQUU FITNATADDUN-YAA WAFITNATANNISAA FA-INNA AWWALA FITNATI BANII ISRA-IILA KAATAT MINQIBALINNISAA."

Artinya : "Takutlah kalian terhadap fitnah dunia dan fitnah kaum wanita.Sebab permulaan fitnah yang menimpa bani isra-il itu adalah kaum wanita".

Rasulullah Saw bersabda:"WAMAA TARAKTU BA'DII FITNATAN ADHARRU 'ALARRIJAALI MINANNISAA".(al hadits)

"Dan setelah masaku tidak ada fitnah yang lebih membahayakan terhadap kaum lelaki ketimbang fitnah akibat perempuan".


BAB XXI

LARANGAN BERDUAAN DI TEMPAT YANG SUNYI

Tersebut dalam riwayat bahwa Rasulullah Saw bersabda:"Takutlah kamu dari menyepi(berduaan)dengan perempuan .Demi Dzat yang diriku berada dalam kekuasaanNYA,tidaklah orang lelaki yang menyepi bersama dengan orang perempuan(yakni berpacaran),kecuali syethan menyusup di antara mereka berdua.Sungguh seorang yang berdesak desakkan dengan babi yang berlepotan lumpur itu jauh lebih baik dari pada berdesak desakkan(bersenggolan)dengan pundak perempuan yang tidak halal baginya".

Rasulullah Saw bersabda:"Orang perempuan itu merupakan jerat-jeratnya syethan(yakni perangkapnya),dan kalaulah bukan karena syahwat,tentu kaum wanita tidak akan menguasai(menundukkan)kaum lelaki".(al hadits)

Ada pepatah mengatakan "IDZAA QAAMA DZAKARUR RAJULI DZAHABA TSULUUTSA 'AQLIHI"Apabila kelamin lelaki bangkit maka hilanglah sepertiga akalnya".

KEWAJIBAN PEREMPUAN JIKA KELUAR

Kalaulah perempuan bermaksud keluar rumah,ia berkewajiban menutup seluruh tubuhnya tampa kecuali termasuk kedua tangannya dari perhatian orang banyak.Tidak hanya itu bahkan hendaknya ia menyamarkan diri dari perhatian orang yang mungkin mengenalnya.

Jika seseorang kawan suaminya berkunjung,sementara suaminya tidak ada di rumah,hendaknya dia tidak perlu bertanya panjang lebar.Hal itu di maksud untuk memelihara diri dan suaminya.Demikian yang diungkapkan Imam Ghazali dan beberapa imam lainnya.

Rasulullah Saw bersabda:"Sudah menjadi ketentuan bagi manusia bahwa bagian bagian dari tubuhnya melakukan zina ,hal itupasti did lakukan.Kedua mata zinanya memandang,Kedua telinga zinanya mendengar,lisan zinanya berbicara.Kedua tangan zinanya memaksa ,kedua kaki zinanya berjalan,dan hati zinanya menyenangi dan mengharap harap.Semmua itu di benarkan oleh kelamin atau di dustakannya". (riwayat Muslim dari Abu Hurairah)

Rasulullah Saw bersabda:"Perkara apakah yang lebih baik bagi kaum wanita?.Fathimah menjawab :"Hendaknya ia tidak memandang kaum lelaki dan lelaki tidak memandanginya.Kemudian Rasulullah Saw merangkul Fathimah dna beliau bersabda:"Anak turun sebagian manusia dari sebagian yang lain hendaknya saling menolong.Rasulullah Saw ,merasa terharu atas pendapat puterinya itu".


PERILAKU KAUM WANITA DEWASA INI

Ketahuilah bahwa sebagian besar wanita dewasa ini telah kena penyakit suka memperlilhatkan dandanannya secara berlebihan kepada kaum lelaki.Mereka sedikit sekali mempunyai rasa malu.Kalau berjalan mereka suka membuat buat,dengan melenggak lenggokkan pinggulnya.Kenyataaan itu sering mereka perlihatkan di muka golongan kaum lelaki,baik sewaktu di pasar atau bahkan ketika berjalan menuju masjid.terutama di waktu siang atau malam hari di bawah cahaya lampu.

Ada yang mengatakan bahwa, apabila seorang perempuan perilakunya menyimpan tiga perkara ini maka di namakan Qahbah(semacam biduan)yang sangat buruk.Pertama,kalau perempuan itu keluar rumah diwaktu siang hari dengan mengenakan dandanan yang berlebihan untuk di pamerkan kepada kaum lelaki secara umum.Kedua,perempuan yang mempunyai kebiasaan meperhatikan kaum lelaki lain.Ketiga ,perempuan yang gemar memperdengarkan suaranya di telinga orang lain,sekalipun perempuan itu tergolong bisa menjaga kehormatannya.Karena dengan begitu dirinya mempersamakan dengan perempuan yang tidak baik.

Tentang mempersamakan (penyerupaan itu)Rasulullah Saw memperingatkan:"MANTASABBAHA BIQAUMIN FAHUWA MINHU"

Artinya : "Barang siapa yang membuat penyerupaan dengan suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka".

Orang yang menyerupakan dirinya sebagai golongan orang shalih(maksudnya bergaul dengan mereka),niscaya akan ikut di hormati,sebagaimana orang yang shalih itu menerima penghormatan.Sebaliknya orang yang bergaul dengan orang orang yang fasik,niscaya akan menjadi sasaran cercaan.Yang berarti tidak akan dihormati oleh orang lain.

Perempuan hendaknya membersihkan diri dan memperhias perangainya dengan sikap pemalu.Jangan sampai seorang perempuan berperangai yang menyebabkan dirinya memperoleh predikat "Quhbah".

Maka alangkah baiknya bagi perempuan yang mempunyairasa takut keada Allah dan rasul-NYA,serta bagi orang orang yang mempunyai budi pekerti yang tinggi,supaya mencegah isterinya(atau anak perempuannya)keluar rumah dengan dandanan yang mencolok. larangan keluar rumah itu memang tidak mutlak tanpa ada pengecualian dalam suatu waktu.Setidaknya Rasulullah Saw memberi kelonggaran kepada kaum wanita pada hari raya.Di hari raya itu,kaum wanita yang dapat menjaga kehormatannya di beri izin keluar rumah,setelah mendapat keridhoan suaminya.Tetapi berdiam diri tinggal di rumah itu lebih menyelamatkan diri dari godaan.

Hendaknya seorang perempuan jangan kemana-mana.Jangan keluar rumah kecuali ada keperluan yang mendesak.Kalau keluar rumah hendaknya menundukkan pandangannya dari kaum lelaki.Memang kami tidak mengatakan bahwa wajah lelaki menurut haknya adalah aurat,sebagaimana wajah perempuan menurut haknya.Tetapi wajah anak lelaki itu seperti wajah anak lelaki yang tampan.Orang di haramkan memperhatikan wajah anak lelaki yang tampan,jika dikhawatirkan timbulnya fitnah.Hanya itu.Kalau tidak mengkhawatirkan terjadinya fitnah tidak di haramkan.Sebab,sejak semula tidak ada perintah kepada kaum lelaki untuk menutup wajah.Sebagaimana perintah yang di tekankan kepada kaum wanita supaya menutup wajahnya.Sekiranya wajah kaum lelaki itu termasuk auratnya dalam pandangan kaum perempuan niscaya mereka di perintah untuk menutup wajahnya,atau bahkan dilarang keluar rumah kecuali ada kebutuhan yang mendesak.

Bagi kaum lelaki yang mempunyai tangggung jawab dalam rumahtangganya,berkewajiban untuk menjaga orang orang perempuan yang berada di bawah kekuasaanya.Terutama dizaman sekarang.Jangan sampai memberi kelonggaran kepada mereka yang memungkinkan mereka melakukan pelanggaran.

Hendaknya mereka tidak diberi izin keluar rumah,kecuali dimalam hari beserta muhrimnya,atau dengan perempuan lainnya yang dapat di percaya.Pembantu saja belum cukup di percaya,jika tidak disertai perempuan yang lain yang lebih dapat dipercaya.Sebab kelurusan amanat yang di berikan kepada pembantu sangat jarang dilaksanakan.

Dalam sejarah,dimasa jahilliyah ada seeorang perempuan anak Taimilah bin tsa'labah bekerja sebagai penjual samin.Suatu ketika Khawat bin Jubair Al Anshari datang untuk membeli minyak samin.lalu mereka terlibat tawar menawar.Perempuan itu membuka tali penutup wadah yang penuh berisi samin.

Khawwat berkata:"Pegangi wadah ini,aku hendak melihat lihat wajah yang lain".Lalu Khawaat membuka wadah yang lain.Setelah dilihat,Ia berkata :"Pegangi Wadah ini".

Ketika perempuan itu sedang terlena dengan wadah wadah samin yang di peganginya.tanpa terduga Khawat menubruk dirinya lalu berbuat yang tidak senonoh hingga terlampiaskan keinginannya.Setelah melakukan perbuatan itu Khawwat lari dan masuk Islam .Ia ikut perang badar.

Suatu hari Rasulullah Saw berkata kepadanya :"Hai khawwat,bagaimana ceritanya ketika membeli samin",Rasulullah Saw tersenyum.

Khawwat menjawab:"Wahai Rasulullah benar benar Allah telah melimpahkan rezki pada saya ,Rizki yang baik.Sekarang aku berlindung kepada Allah dari kekurangan setelah mengalami penambahan".

BAB XXII

H I K A Y A T

Ada sebuah keluarga yang sangat terpandang.Suatu hari keluarga itu membeli seorang pembantu (budak) yang berkebangsaan hindi(Hindia).Keluarga itu terus merawatnya dan akhirnya di ambil sebagai anak.

Setelah dewasa,ia jatuh cinta pada tuan puterinya,yang ketika itu telah menjadi ibu angkatnya sendiri.Ia terus menerus menggoda ibu angkatnya,dan ibunyapun melayani.Hingga suatu hari terjadilah hubungan layaknya hubungan suami istri.

Ketika pembantu itu sedang asyik di atas dada ibu angkatnya,Tiba tiba ayah angkatnya datang.Ia marah.Ia segera mengambil pisau,lalu di potongnya kelamin anak angkatnya itu.Namun pada akhirnya Ia menyesal.Ia membawanya ketabib untuk di obati.

Setelah sembuh si anak angkat itu tidak di usir.Ia tetap diberi kesempatan tinggal di rumah orang tuanya yangtelah menjadi orang tua angkatnya .tetapi secara diam diam IA mendendam.Ia menunggu datangnya kesempatan untuk melakukan pembalasan.

Keluarga yang sangat terpandang itu sebenarnya mempunyai dua anak yang sangat tampan.Salah satunya masih berusia anak-anak sedang yang lainnya mendekati remaja.Suatu hari kedua anak itu hilang dibawa pembantunya yang telah di angkat menjadi anaknya.Tanpa diketahui keduanya dibawa naik ke atas loteng.Disana keduanya diajak bermain-main,diperlakukan secara baik hingga tak ada kesan di sandera.

Hingga manakala orang tuanya telah kebingungan mencari,tanpa sengaja ia mendongak keloteng.Disana anak-anak disandera anak hindi tadi.

Ia berteriak "Celaka benar Kau.Apakah engkau menghendaki kematian kedua anakku?" Bekas pembantunya menjawab:"Ya benar,Kedua anakmu mesti akan mati kalau Kau tidak menuruti perintahku"."Apa kemauanmu?",tanya orang yang terpandang itu."Aku menghendaki supaya kamu memotong kelaminmu sendiri". Demi mendengar permintaan itu,Ia terperanjat bukan kepalang,katanya,"Takutlah kepada Allah,takutlah kamu.Bukankah dirimu telah kupelihara.Hentikan perbuatan jahatmu itu".Ia terus mengulang–ulang permintaanya.Namun anak hindi itu tidak ambil peduli. Ketika tuannya akan naik keatas loteng,sianak Hindi itu menyeret kedua anaknya dibawa kepinggir loteng. Lelaki yang malang itu berteriak,"Celaka benar kamu !Tunggu sebentar.tentu aku akan menuruti tuntutanmu". Ia pergi sebentar lalu datang dengan membawa pisau.tanpa di minta lagi kelaminnya di potongnya sendiri di depan mata si anak Hindi.setelah puas menyaksikan dendamnya,si anak Hindi itupun mencampakkan kedua anak bekas majikannya itu hingga tewas seketika.
Apa katanya."Tuntutan memotong kelamin sendiri itu adalah sebagai pembalasan atas perbuatanmu tempo hari memotong kelaminku.Dan kematian kedua anakmu itu sebagai tambahan atas kerugianku".
Memperhatikan kisah tersebut,dapat di ambil pelajaran bahwa,bilamana pembantu telah memasuki usia baligh hendaknya dilarang masuk kamar majikannya. Sebab pada umumnya godaan mulai terjadi setelah memasuki usia itu.Disamping menjaga keturunan itu termasuk perkara terpenting.


KECEMBURUAN

Rasulullah Saw bersabda:"INNII LAGHAAYUURUN WAMAA MINIMRI-IN LAA YAGHAARU ILLAA MANKUUSUL QALBI"

Artinya : “Sesungguhnya aku ini pecemburu.setiap orang yang tidak mempunyai rasa pecemburu,maka tidak lain kecuali orang itu berhati terbalik"(Al hadits)

Rasulullah Saw bersabda:"Sesungguhnya Allah Swt itu pecemburu,dan orang mukmin itu hendaknya pecemburu.Kecemburuan Allah adalah jika ada orang mukmin yang melakukan prbuatan yang diharamkan oleh Allah.(Diriwayatkan oleh Ahmad,bukhari,muslim dan turmudzi dari abu hurairah)

Imam Ali Ra mengatakan ,"Apakah kalian tidak malu.Apa kalian tidak cemburu membiarkan perempuan-perempuan(istri-istri)mu keluar ketengah tengah kaum lelaki.Ia melihatnya dan mereka memperhatikan dirinya".

Sebaliknya cemburu yang berlebihan juga tidak baik.Imam Ali Ra mengatakan hal itu,"Janganlah kamu berlebihan mencemburu.Sebab dengan kecemburuan yang berlebihan itu sama artinya menuduh istrimu berbuat buruk".

Rasulullah Saw bersabda:"Sesungguhnya di antara kecemburuan ada yang dicintai Allah dan ada pula kecemburuan yang di benci Allah.Di antara sikap berbangga diri ada yang di sukai Allah dan ada pula sikap berbangga diri yang di murkai Allah.Adapun kecemburuan yang di sukai Allah adalah kecembururan [Bdalam hal keragu-raguan.Kecemburuan yang di benci Allah adalah kecemburuan di luar hal itu.Adapun sikap berbangga diri yang di sukai Allah adalah keberbanggaan seseorang ketika maju kemedan pertempuran di saat terjadinya bencana.Sikap keberbanggaan yang dibenci Allah adalah dalam hal kebatilan".

Di Era globalisasi dewasa ini,kalau ada perempuan keluar rumah maka hampir di pastikan menjadi sasaran godaan kaum lelaki.Mungkin dengan cara mengedipkan matanya atau disentuh.Ada pula yang sekedar di pegang dan ada pula yang disindir dengan kata kata yang jorok yang tidak mengenakan telinganya.

Yang terakhir itu tentu saja khusus bagi orang baik-baik dan orang sholehah serta selalu menjaga kehormatannya.

Ibnu Hajar mengatakan,jika seorang perempuan (istri)bermaksud hendak keluar untuk menjenguk orang tua,misalnya,sebenarnya tidak dilarang.Tetapi terlebih dulu harus memperoleh izin dari suaminya.yang perlu diperhatikan pula,hendaknyaketika keluar jangan memamerkan perhiasan dan dandanannya.Sebaiknya bahkan dirinya dianjurkan agar berdandan sebagaimana seorang pelayan yang kotor tubuhnya.Pakaian yang dikenakannya tidak perlu bagus,melainkan pakaian yang sederhana.Pandangan hendaknya dijaga,di tundukkan sepanjang jalan.Tidak perlu tengok kanan dan kiri.Klau tidak begitu justru akan membuka kesempatan untuk melakukan kemaksiatan kepada Allah,Rasul-NYA dan kemaksiatan kepada suaminya.


BAB XXIII

K I S A H

Dikisahkan ada seorang perempuan yang gemar memamerkan dandanannya di depan kaum lelaki.Ia mati.Hingga suatu malam di antara saudaranya ada yang bermimpi melihat dirinya di hadirkan kehadapan Allah dengan mengenakan busana yang sangat tipis.Saat itu angin bertiup menerpa busananya,tersingkaplah busananya.Allah berpaling tidak sudi memperhatikannya.Allah berfirman:"Seret dia keneraka!!.Sesungguhnya perempuan itu termasuk orang yang suka memamerkan dandanannya sewaktu di dunia.

DIKISAHKAN PULA

Ketika suami rabi'ah Adawiyah mati,beberapa waktu kemudian Hasan Al basri dan kawan kawannya datang menghadap Rabi'ah.Mereka meminta izin di perkenankan masuk.mereka di perkenankan masuk.Rabi'ah segera mengenakan cadarnya,dan mengambil tempat duduk di balik tabir.

Hasan Al basri mewakili kawan kawannya mengutarakan maksud kedatangannya.Ia berkata:"Suamimu telah tiada,sekarang Kau sendirian.Kalau kmu menghendaki silahkanmemilih salah seorang dari kami.Mereka ini orang orang yang ahli zuhud". Jawab Rabi'ah Adawiyah:"ya, aku suka saja mendapat kemuliyaan ini.Namun aku hendak menguji kalian,siapa yang paling 'alim(pandai) diantara kalian itulah yang menjadi suamiku". Hasan Al basri dan kawan kawannya menyanggupi.Kemudian Rabi'ah Adawiyah bertanya:"Jawablah empat pertanyaanku ini kalau bisa aku siap di peristri oleh kamu". Hasan Al basri berkata :"Silahkan bertanya ,kalau Allah memberi pertolongan aku mampu menjawab tentu aku jawab". "Bagaimana pendapatmu kalau aku mati kelak,kematianku dalam muslim(husnul khatimah)atau dalam keadaan kafir(suul khatimah)".,kata Rabi'ah bertanya. Jawab Hasan Al basri:"Yang kau tanyakan itu hal yang ghaib, mana aku tahu..". "Bagaimana pendapatmu,kalau nanti aku sudah di masukkan kedalam kubur dan mungkar-nakir bertanya kepadaku,apakah aku sanggup menjawab atau tidak.." "Itu persoalan ghaib lagi".Jawab Hasan Al basri. "Kalau seluruh manusia di giring di MAUQIF (padang mahsyar) pada hari kiamat kelak,dan buku buku catatan amal yang dilakukan oleh malaikat HAFAZHAH beterbangan dari tempat penyimpanannya di bawah 'arsy.Kemudian buku buku catatan itu di berikan kepada pemiliknya.Sebagian ada yang melalui tangan kanan saat menerima dan sebagian lagi ada yang lewat tangan kiri dalam menerimanya.Apakah aku termasuk orang yang menerimanya dengan tangan kanan atau tangan kiri..?,tanya Rabi'ah.
"Lagi lagi yang kau tanyakan hal yang ghaib",jawab Hasan Al basri.

Tanya Rabi'ah sekali lagi:"Manakala pada hari kiamat terdengar pengumuman bahwa,sebagian manusia masuk surga dan sebagian yang lain masuk neraka,apakah aku termasuk ahli syurga atau ahli neraka..?". "Pertanyaanmu yang ini juga termasuk persoalan yang ghaib",jawab Hasan Al basri.

Rabi'ah berkata :"Bagaimana orang yang mempunyai perhatian kuat terhadap empat persoalan itu masih sempat mamikirkan nikah..?".

Coba perhatikanlah kisah dialog tersebut.Betapa besar perasaan takut Rabi'ah Adawiyah terhadap persoalan itu.Kendati ia seorang sholehah.namun masih diikuti perasaan takut yang luar biasa jika akhir hayatnya tidak baik.

Diceritakan bahwa,Rabi'ah Adawiyah itu mempunyai tingkah laku yang berubah ubah.Suatu ketika perasaan cintanya kepada Allah begitu berat,hingga ia tidak sempat lagi berbuat apa-apa.Diwaktu lain ia kelihatan tenang nampak seperti tidak ada masalah,dan lain waktu ia kelihatan sangat takut dan cemas.

Suaminya menceritakan,suatu hari aku duduk sambil menikmati makanan.Sementara ia duduk di sampingku dalam keadaan termenung lantaran di hantui peristiwa kiamat.

Aku berkata :"Biarkan aku sendirian menikmati makanan ini".

Ia menjawab aku dan dirimu itu bukanlah termasuk orang yang dibuat susah dalam menyantap makanan,lantaran mengingat akherat".Lebih lanjut Ia berkata:"Demi Allah,sesungguhnya bukanlah aku mencintaimu seperti kecintaannya orang yang bersuami istri pada umumnya.hanyalah kecintaanku padamu sebagaimana kecintaan orang yang bersahabat".

Kalau Rabi'ah Adawiyah memasak makanan,Ia berkata :"Majikanku,makanlah masakan itu.Karena tidak patut bagi badanku kecuali membaca tasbih saja".(yang di maksud majikan adalah suami dari Rabi'ah Adawiyah sendiri).

Hingga suatu hari Rabi'ah berkata pada suaminya:"Tinggalkan diriku,silahkan kamu menikah lagi".Hal itu dikatakan ketika suaminya masih hidup.Maka Aku (suaminya)pun menikah lagi dengan tiga orang perempuan.Saat itu Rabi'ah masih setia melayani keperluan suaminya,termasuk memasakkan makanan.

Suatu hari Rabi'ah Adawiyah memasakkan daging untuk suaminya,Ia berkata:"Tinggalkanlah diriku dengan membawa kekuatan yang baru menuju istri-istrimu yang lain".

Dikisahkan bahwa Rabi'ah Adawiyah juga mempunyai sahabat sahabat yang lain dari bangsa jin,yang sanggup mendatangkan apa saja yang di kehendakinya.Wali perempuan ini dalam kehidupannya dikenal pula mempunyai berbagai kekeramatan hingga wafatnya.

Di antara kekeramatannya adalah bahwa pada suatu malam ada pencuri masuk menjarahi isi rumahnya.Ia sendiri masih terlelap tidur.Ketika pencuri itu hendak keluar dengan menjinjing barang-barang yang telah di kemasi,mendadak pintu rumahnya hilang semua.Pencuri itu lalu duduk disamping pintu yang di pandang semula belum lenyap.Tiba tiba saat itu terdengar suara halus menyapanya:"Letaakkan barang -barang yanga kau kemasi.Keluarlah dari pintu ini".

Ia pun segera meletakkan barang-barang yangtelah dikemasi.Mendadak pintu itu kelihatan lagi.Begitu ia melihat pintu maka ia segera menyambar lagi barang-barang hasil curian tadi.Tiba-tiba pintu itu hilang lagi seketika.ia letakkan lagi barang hasil jarahannya.Pintu kelihatan lagi.Ia mengambil kembali barang haasil jarahannya.Pintu hilang lagi.Dan begitu seterusnya.

Tiba-tiba terdengar lagi suara lembut menyapa :"Kalau Rabi'ah adawiyah tertidur,Tetapi Allah tidak tertidur dan tidak pula terserang rasa kantuk".maka ia pun sadar.barang barang yang di kemasinya pun Ia tinggalkan,lalu ia pun keluar melalui pintu tadi.

BAB XXIV

TANDA-TANDA ISTRI YANG SHALEHAH


Diantara tnda-tanda istri yang shalehah adalah,Bilamana ia melakukan kesalahan terhadap suaminya,ia menyesal sekali dan segera meminta maaf dan memohon keridhoannya.Kesalahan itu ia sesali dan ia tangisi sepanjang hari,karena takut mendapat siksa dari Allah.

Tanda-tanda yang lain adalah misalnya,ia melihat suaminya sedang diliputi perasaan duka dan sedih, Maka ia menghibur,"Kalau yang kamu sedihkan berhubungan dengan urusan akherat,sesungguhnya hal itu sangat menguntungkan bagimu,tetapi jika yang kau sedihkan berhubungan dengan urusan dunia,sama sekali aku tidak membebanimu dengan perkara yang berat.

KISAH

Dikisahkan bahwa Rabi'ah binti Isma'il Asy Syamsiah,Seorang istri Ahmad bin Abu Al huwari,suatu hari memasak makanan yang enak.Masakan itu di beri campuran aroma yangharum.Suami Rabi'ah juga mempunyai istri yang lain.Setelah masak dan menyantap makanan itu,Rabi'ah berkata pada suaminya:"pergilah kamu keistri yang lain dengan tenaga yang baru".

Rabi'ah yang satu ini memang mirip dengan rabi'ah Adawiyah yang berdomisili di bashrah.Rabi'ah Asy Syamsiah ini setelah menunaikan shalat 'isya ia berdandan lengkap dengan busananya.Setelah itu baru mendekati tempat tidur suaminya.Ia tawarkan pada suaminya,"Apakah malam ini kamu membutuhkan kehadiranku atau tidak".Jika suaminya sedang berhasrat untuk menggaulinya,maka ia melayaninya hingga puas.kalau malam itu suaminya sedang tidak berminat menggaulinya,maka ia menukar pakaian yang ia kenakan tadi dan berganti dengan pakaian lain yang di gunakan untuk beribadah.malam itu ia tenggelam di tempat shalatnya hingga subuh.
Rabi'ah binti Isma'il Asy Syamsiah bersuamikan Ahmad bin Abu huwar itu memang dikehendaki Rabi'ah sendiri.Ia pula yang pertama-tama melamar syeikh Ahmad supaya berkenan memperistri dirinya.

Ceritanya demikian ,Rabi'ah binti ismail itu semula mempunyai suami yang kaya.Setelah kematiannyaIa memperoleh harta waris yang sangat besar.Ia kesulitan menafkahkan harta itu,Mengingat ia seorang perempuan yang terbata gerakannya.maka ia bermaksud melamar syeikh Ahmad,dengan tujuan agar dapat menasarufkan (menghibahkan)hartanya demi kepentingan islam dan di berikan kepada orang orang yang membutuhkan.yang deemikian itu karena RAbi'ah binti
Ismail memandangsyeikh Ahmad sebagai orang yang dapat menjalankan amanat,sedang Rabi'ah sendiri seorang yang adil.

Ketika mendapat lamaran dari Rabi'ah syeikh Ahmad berkat :"Demi Allah,sesungguhnya aku tidak berminat lagi untuk menikah.Sebab aku ingin berkonsentrasi untuk beribadah".

Rabi'ah menjawab :"Syeikh Ahmad,sesungguhnnya kosentrasiku dalam beribadah adalah lebih tinggi dari pada kamu.Aku sendiri sudah memutuskan untuk tidak menikah lagi.tetapi tujuanku menikah kali ini tidak lain adalah agar dapat menasarufkan harta kekayaan yang kumiliki kepada saudara-saudara yang muslim,Dan untuk kepentingan islam sendiri.Akupun mengerti bahwa engkau itu orang yang shalih.tapi justru dengan begitu aku akan memperoleh keridhoan dari
Allah SWT".

Syeikh Ahmad berkata :"Baiklah,tapi aku minta waktu,Aku hendak meminta izin dari Guruku".

Lalu syeikh Ahmad mengahadap gurunya,yakni Syeikh Abu Sulaiman AD Darani.Sebab gurunya itu dulu pernah melarang dirinya untuk menikah lagi.Katany:"Setiap orang yang menikah,sedikit atau banyak pasti akan terjadi perobahan atas dirinya".

Tetapi setelah Abu Sulaiman mendapat penjelasan dari muridnya mengenai rencana Rabi'ah,ia berkata:"kalau begitu Nikahilah Ia.Karena perempuan itu seorang wali".

Kisah kisah yang serupa seperti kisah rabi'ah Adawiyah itu sesunggguhnya cukup banak.lazimnya terjadi pada masa lalu,tetapi untuk masa sekarang,hampir tidak pernah di jumpai,adanya seorang wanita yang bertingkah baik seperti mereka.

KISAH

Di kisahkan ada seorang pandai besi yang mempunyai keajaiban luar biasa. kalau ia memanggang besi didalam bara api tangannya tidak kepanasan sekalipun saat mengambilnya menggunakan tangannya secara telanjang.Ketika itu ada seorang yang tergerak hatinya bermaksud menyaksikan keajaiban itu.Apakah benar ataukah sekedar berita bohong.Hingga suatu hari orang tersebut datang kerumah si pandai besi.Ia bertanya tentang berita itu.Setelah melihat sendiri Ia memandangi dengan penuh kekaguman.

Setelah pandai besi itu menyelesaikan pekerjaannya,lelaki tadi memberi salam.pandai besi menjawab.Lalu kata lelaki tadi:"Malam ini aku menjadi tamumu,kamu tidak keberatan bukan?'

Sipandai besi menjawab:"Dengan suka hati aku menerima kehadiranmu".

Lelaki tadi diajak masuk kerumah.jingga setelah makan malam tiba ia disuguhi makan malam.Selesai makan hingga menjelang tidur lelaki itu tidak menjumpai suatu kelebihan di lakukan si pandai besi.Ibadah fardunya hanya seperti itu.Ia tidur malah hingga subuh.Dalam hati ia berkata :"Barangkali malam ini ia sengaja merahasiakan ibadahnya".

Lelaki tadi meminta izin agar di perbolehkan bermalam untuk yang kedua kalinya.Ia mencoba memperhatikan amaliyahnya.Ternyata tidak ada kelebihannya dalam menjalankan kewajiban dan kesunahan beribadah.

Akhirnya lelaki itu berkata:"Sudah seringkali aku mendengar,betapa besar Allah memuliakan dirimu.Kebetulan aku sendiri juga menyaksikan kekeramatanmu itu.Tetapi setelah aku perhatikan secara lahiriyah ternyata tidak ada kelebihan yang aku jumpai dalam ibadah fardu atau sunnahmu.Kalau begitu dari manakah tingkatan itu kamu peroleh?".

Si pandai besi itu menjawab :"Saudaraku,sesungguhnya akukisah yang sangat menarik.ceritanya begini,Aku bertetangga dengan seorang perempuan yang sangat cantik sekali.Aku cinta sekali padanya.Setiap saat aku menggoda dan merayunya supaya mau memenuhi keinginanku.Namun sejauh itu aku tidak dapat menundukkan dirinya.Rupanya Ia perempuan ahli wara' yang sangat bagus segalanya.

Bulan demi bulan terus bergulir,hingga tibalah masa paceklik,makanan sulit diperoleh.Kelaparan merata dimana-mana.Suatu hari ketika aku sedang menikmati udara dirumah,tiba-tiba pintu rumahku diketuk oleh seseorang.Aku keluar utuk melihat siapa yang datang.ternyata perempuan yang cantik itu yang datang.Ia berdiri didepan pintu,katanya:"Tuan aku ini sedang kelaparan,Apa ada makanan yang bisa tuan berikan kepadaku?"

Jawabku:"Apa kau tidak merasa bahwa aku sangat mencintaimu?.Aku tidak akan memberi makanan kecuali kau bersedia menyerahkan dirimu padaku".

Sesungguhnya aku takut menghadapi bahaya dalam kematian.Aku telah berjanji untuk tidak berma'syiat kepada Allah".Lalu Ia kembali.
Dua hari kemudian Ia datang lagi.Ia meminta makanan seperti yang dikatakan tempo hari.Aku juga memberi jawaban seperti jawabanku yang.Saat itu tubuhnya kelihatan sangat kusut dan rusak.Ia masuk dan duduk didalam rumah.Aku menyodorkan makanan didepannya.Tiba-tiba airmata perempuan cantik itu terus mengalir deras seraya berkata:"Apakah makanan ini Kau berikan semata hanya karena Allah?"

Aku menjawab:"Aku berikanmakanan itu agar kau bersedia menyerahkan dirimu kepadaku".Ia bangkit dan meninggalkan makanan itu tanpa menjamahnya sedikitpun.Ia terus melangkah keluar rumah menuju rumahnya sendiri,yang berada tak jauh dari rumahku.

Dua hari kemudian ia datang lagi.Ia mengetuk pintu sambil berdiri didepan pintu,Kulihat tubuhnya kian kurus kering.Suaranya terbata-bata.Punggunbgnya membungkuk karena menahan lapar.

Ia berkata :"Tuan aku telah merasa kesulitan,untuk mencari makanan,dan aku tak sanggup lagi untuk berjalan jauh untuk mencari makanan kecuali kepada tuan.Apakah tuan punya makanan yang bisa diberikan kepadaku ikhlas karena Allah?"

Ya tentu ada kalau kamu bersedia menyerahkan dirimu kepadaku".Ia kemudian menundukkan wajah beberapa saat.ia masuk dan duduk didalam.Saat itu aku benar benar tidak mempunyai makanan yang dapat kuberikan untuknya.Maka aku segera menghidupkan api untuk memasak makanan untuknya.

Setelah masak dan makanan kuletakkan didepannya tiba-tiba aku tersadar memperoleh petunjuk Allah.Dalam hati aku berkata:"Hai rusak amat diriku ini,sesungguhnya perempuan ini termasuk orang yang di beri akal sedikit dan begitu pula ketaatannya pada agamanya.Ia tidak mampu mencari mana dan sudah berulang kali merasakan betapa pedihnya kelaparan.Tetapi kamu tidak mau menahan kemaksiatan,padahal ia dapt mencegah kemaksiatan tanpa mau menyentuh makanan, jika diberikan dengan syarat".

Kemudian aku berdoa kepada Allah:"Wahai Allah sesungguhnya aku sekarang bertaubat kepada-MU atas segala perbuatanku.Aku berjanji tidak akan mendekat-dekaty lagi kepada perempuan itu untuk bermaksiat".

Aku dekati dia yang masih terpaku didepan makanan.Aku berkata:Sekaramg makanlah.Kamu tidak perlu khawatir bahwa aku akan meminta persyaratanitu.Kuberikan itu hanya karena Allah".

Begitu mendengar ucapanku itu,ia mengangkat wajahnya kelangit seraya berucap:"Wahai Allah,jika ucapannya itu benar,hindarkanlah dirinya dari api dunia dan api akherat".Lalu perempuan cantik itu ku biarkan menyantap makanan.Aku sendiri berkemas dari hadapannya untuk memadamkan api.Tanpa sengaja sebuah bara api jatuh mengenai kakiku.Ternyata tidak melepuh.Aku kembali lagi menjumpainya dengan penuh kegembiraan.Aku berkata:"Bergembiralah kamu,sesungguhnya Allah telah mengabulkan doamu".

Lalu Ia buang sesuap makanan yang masih ada di tangannya.Ia bersujud syukur seraya berucap:"Wahai Allah sesungguhnya Engkau telah memperlihatkan kepadaku apa yang kuhendaki terhadap lelaki ini.Maka cabutlah ruhku sekarang juga".

Selesai berucap begitu,perempuan cantik itu mati dalam keadaan masih bersujud.Demikianlah ceritaku,saudara".Wallaahu a'lam

BAB XXV

KISAH

Ada seseorang perempuan keluar rumah dengan tujuan untuk memperoleh pelajaran islam dari Nabi Saw bersama para sahabat lain.Di pertengahan ada seorang lelaki yang masih muda melihatnya,Ia bertanya:"Hai perempuan yang mulia,hendak kemana kamu?".

Ia menjawab:"Aku hendak menghadap Rasulullah Saw untuk mendapatkan pengajaran dari beliau".Balas pemuda :"Apakah dirimu cinta benar terhadap nabi Saw?".

Ia menjawab:"Ya,Aku sangat mencintainya"."Kalau kamu benar-benar cinta kepada Rasulullah aku minta supaya engkau membuka cadarmu,agar aku bisa melihat wajahmu".

Manakala anak muda itu bersumpah-sumpah demi kecintaan perempuan itu kepada Rasulullah Saw,maka perempuan itu tadi membuka cadarnya,Anak muda itu dapat melihat dengan jelas wajahnya.

Setelah kembali dari pelajaran agama,perempuan itu tadi memberi tahu pada suaminya tentang peristiwa yang di alaminya bersama seorang pemuda.ketika suaminya mendengar penuturan cerita istrinya maka hatinya bimbang:"Hal itu perlu di uji kebenarannya.Agar aku puas dan jelas persoalannya".

Lalu suami perempuanitu membuat perapian yang sangat besar dimasukkan kedalam tungku.Tungku itu biasanya di gunakan untuk memasak roti,yang menyerupai sebuah kentongan.Suami perempuan itu menunggu beberapa saat agar api membesar.

Ketika jilatan api telah membesar maka suaminya berkata:"Demi Kebenaran Rasulullah Saw,masuklah kamu kedalam tungku itu!".

Begitu istrinya mendengar suaminya bersumpahyang meminta dirinya agar masuk kedalam tungku yang membara, tanpa ragu ia masuk kedalamnya.Ia tidak memperdulikan lagi nyawanya demi kecintaannya kepada Rasulullah Saw.

Manakala suami perempuan itu melihat isterinya benar benar masuk kedalam tungku dan lenyap di selimuti jilatan api,timbullah penyesalan di dalm hatinya.ia menyadari behwa apa yang di katakan itu benar. maka suami perempuan itu tadi menghadap Rasulullah Saw.Ia menceritakan kejadian yang berlangsung. Nabi Saw bersabda:"kembalilah.Bongkarlah tungku itu".

Ia segera kembali dan membongkar tungku itu yang masih padas.ternyata di balik tungku itu ia menemukan istrinya dalam keadaan selamat tanpa kurang suatu apapun.Hanya sekujur tubuhnya basah oleh keringatnya sendiri,bagaikan orang yang sedang mandi air panas.

Wahai Allah,Jadikanlah kebaikan kepada kami, keluarga kami,anak cucu kami dan segenap kaum muslimin.Segala puji bagi-Mu ya Allah,Tuhan semesta Alam.

Segala puji bagi Allah,Dzat yang telah menyempurnakan berbagai kebaikkan dengan nikmat-Nya,dan dengan anugerah-Nya kita berbahagia memperoleh syorga.

Shalawat dan salam selalu terlimpahkan kepada junjungan Kita Nabi Muhammad Saw,dan semoga terlimpahkan pula kapada keluarga,sahabat,dan istri-istrinya selama masih ada langit dan bumi.

Segala puji bagi Allah sendiri-Nya.Tidak ada daya dan kekuatan selain dengan daya dan kekuatan Allah Yang Maha Tinggi lagi Besar.Cukuplah Allah menjadi penolong kita dan memberi kenikmatan kepada kita.

Wassalamu'alaikum wr wb
=========================
Mudhofar Abdurrahman Ash Shidhaharummy.
Copying... affdoc


0 Responses so far:

Leave a Reply